MARKET BASKET ANALISIS DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN PADA CERRY MART BEUREUNUEUN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Raihan Fadillah, Laila Qadriah, Muhammad Rizal

Abstrak


Cerry Mart merupakan swalayan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan pokok yang memiliki sistem seperti pada swalayan umumnya. Market basket analisis adalah suatu metodelogi untuk melakukan analisis Buying Habit (kebiasaan) konsumen dengan menemukan asosiasi antar beberapa item yang berbeda, yang diletakkan konsumen dalam Shopping Basket (keranjang belanja) yang dibeli pada suatu transaksi tertentu. Tujuan dari analisis adalah untuk mengetahui produk-produk mana yang mungkin akan dibeli secara bersamaan. Algoritma apriori merupakan algoritma yang digunakan untuk menghasilkan Association Rule, dengan pola “if-then” atau “jika-maka”. market basket analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang mempelajari tentang perilaku kebiasaan konsumen dalam membeli produk secara bersamaan dalam suatu waktu, algoritma ini untuk menghasilkan pola pembelian konsumen yang sering terjadi dan produk yang paling sering dibeli berdasarkan data transaksi pada swalayan cerry mart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelian produk oleh konsumen pada bulan desember 2021 di swalayan Cerry Mart kota Beureunuen sehingga memberikan kemudahan dalam menentukan strategi bisnis dengan memanfaatkan informasi yang telah diperoleh dari data transaksi yang diolah menggunakan aplikasi data minning yang menggunakan algoritma apriori untuk mengetahui produk yang paling diminati dan pola pembelian konsumen pada swalayan Cerry Mart kota Beureunuen.

Kata Kunci : Cerry Mart, Market Basket Analisis, Data mining, Algoritma Apriori, PHP Native.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiyan, Ahmad, Rifky. Dkk. 2019. Analisis Market Basket Dengan algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Di Freshfood. STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Vol. 4. No. 1, Mei 2019, pp. 1-8. Diakses Tgl 15 November 2021.

Aliffianto, Gemala, & M. Arifin. 2015. Penerapan Metode Market Basket Analysis Pada Situs Web E-Commerce (Studi Kasus: Dhian Handicraft Indonesia), Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya. Vol. 5. No. 3. Diakses Tgl 20 April 2022.

Amrin. 2013. Data Mining Dengan Algoritma Apriori untuk Penentuan Aturan Asosiasi Pola Pembelian Pupuk. Program Studi Teknik Komputer. AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta. Vol. XIX, No. 1, ISSN: 1410-5063. Diakses Tgl 15 November 2021.

Arafah. 2015. Data Mining in Market Basket Transaction : An Association Rule Mining Approach. Skripsi Sistem Komputer Universitas Diponegoro. Vol. 1. No. 4. Diakses Tgl 20 April 2022.

Arianti, Destira, Nunik. Dkk. 2021. Penerapan Data Mining Dengan Metode Apriori Pada Penjualan Sembako. (Studi Kasus: Grosir Sembako Lina ). Program Studi Teknik Informatika. Universitas Nusa Putra. Vol. 8, No. 1, Agustus 2021: Hal 20-26 Diakses Tgl 15 November 2021.

Arief. 2016. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySql. Yogyakarta. Andi.

Bunafit, Nugroho. 2014. Aplikasi sitem Pakar. Gava Media. Yogyakarta.

Kusrini. 2017. Komparasi Teknik Klasifikasi Teks Mining Pada Analisis Sentimen. Vol. 6, No. 1, ISSN: 28-36. Diakses Tgl 18 November 2021.

Novita, Eka. Sari. 2013. Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan. Pelita Informatika Budi Darma Medan, Vol. IV, No. 3, ISSN : 2301-9425. Diakses Tgl 18 November 2021.

Pei. Kamber & Han, J. 2012. Data Mining: Concept and Techniques, ThirdEdition. Waltham: Morgan Kaufmann Publishers. by Elsevier Inc. USA

Prasetyo. 2014. Data Mining Mengelolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta. Penerbit CV.ANDI.

Rizani, Aprianti, Hafidz. 2017. Implementasi Association Rules dengan Algoritma Apriori pada Dataset Kemiskinan. J. Math. and Its Appl. Vol. 14, No. 2, Desember 2017, 145-155. E-ISSN: 2579-8936. P-ISSN: 1829-605X. Diakses Tgl 20 April 2022.

Rahmawati, Fitri. 2018. Metode Data Minning Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Foto Copy Menggunakan Algoritma Apriori. STMIK Nusa Mandiri Suka Bumi. Vol. 6 (1) No. 9-20 p-ISSN: 2303-3304, e-ISSN:2620-3553. Diakses pada Tgl 15 Desember 2021.

Robi, Yanto. Riri, Khoiriah. 2015. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Vol. 2, No. 2, ISSN: 2354-5771.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.