SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SKINCARE UNTUK WAJAH SENSITIF DI KLINIK KECANTIKAN LA BEAUTEE CARE BLOK SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS DAN METODE SAW BERBASIS WEB

Nisa Imania, Junaidi Salat, Rahmad Rizki, Zulfa Razi

Abstrak


Kebutuhan masyarakat akan skincare saat ini sangatlah besar, apalagi bagi wanita yang kebanyakan dari mereka selalu ingin tampil cantik dan menarik dan menjadi pusat perhatian orang banyak. Nilai kecantikan perempuan sering dilihat dengan kulit wajah yang cantik dan mulus, sehingga tidak mengherankan produk apapun yang bisa memutihkan kulit wajah laku keras di pasaran. Perawatan kulit (skincare) adalah prosedur atau langkah-langkah merawat kulit yang dilakukan dengan menggunakan produk-produk skincare  dengan kandungan bahan yang aman serta baik digunakan sesuai dengan jenis kulit wajah masing-masing individu. Sebelum melakukan perawatan kulit hal yang paling utama adalah mengetahui produk yang terbaik untuk jenis kulit di wajah kita masing-masing. Dalam proses perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan perbandingan dua buah metode yaitu metode TOPSIS dan metode SAW. Penelitian ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang adadengan dua metode tersebut. Dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu produk facial foam yang terpilih berdasarkan kriteria yaitu kriteria jenis kulit, kadar PH, kemasan produk, efektif pemakaian dan harga produk. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Bahasa pemograman PHP, dengan database MySQL dan sarana pendukung software seperti Adobe Photoshop. Aplikasi ini diharapkan dapat lebih efektif terutama dalam hal membuat keputusan.

Kata Kunci : kulit wajah sensitif, skincare, sistem pendukung keputusan, Topsis, SAW.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggun Fergina, 2021. Modul Pelatihan SPK Tingkat Dasar. Banda Aceh.

Cho, 2022. Skincare, Jakarta: Rineka Cipta

Dicky Nofriansyah, Sarjon Defit, 2018. Konsep dasar Sistem Pendukung Keputusan, PT. Gramedia. Jakarta.

Eri Mardiani, 2021, Sistem informasi dengan Basis Data MariaDB, Universitas Garut

Ekasari Nugraheni, 2019. Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Hadion Wijoyo, 2020, Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “AMIKOM” Yogyakarta.

Kusrini, 2018. Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi Keputusan, Informatika, Bandung

Lita Asyriati dkk, 2018. Desain dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Jakarta : PT Elex Computindo

Renni Puspita Sari, 2021. Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW, Jakarta.

Ria Eka Sari,. 2020, Pengantar Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). Jakarta

Rusdi Nur, Muhammad Arsyad Suyuti, 2018. Perancangan Sistem Informasi Pendukung Keputusan, PT. Gramedia. Jakarta.

Romindo, 2021, Sistem Informasi Pendukung Keputusan Metode Topsis. Bandung : Informatika Bandung

Tonni Limbong., 2020, Sistem Pendukung Keputusan Metode MADM, Yogyakarta : Penerbit Andi.

D. Purnamasari, G. Abdillah, and A. Komarudin, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Di Jawa Barat Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis),” Prosiding Snatif Ke -4 Tahun 2017, PP. 265–272, 2017.

M. N. Febriyati, M. K. Sophan, and R. Yunitarini, “Perbandingan Saw dan Topsis Untuk Open Recruitment Warga Laboratorium Teknik Informatika Di Universitas Trunojoyo Madura,” Jurnal Simantec, vol. 5, no. 3, pp. 133–142, 2016.

Fatkhurrochman and D. Astuti, “Analisis perbandingan metode Topsis dan Saw dalam penentuan penerima bantuan pembangunan rumah masyarakat kurang mampu,” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2018, pp. 67–72, 2018.

M. A. Mude, “Perbandingan Metode Saw dan Topsis Pada Kasus UMKM,” Jurnal Ilkom, vol. 8, no. 2, pp. 76–81, 2016.

R. N. Sari, R. Santoso, and Hasbi Yasin, “Komputasi metode saw dan topsis menggunakan gui matlab untuk pemilihan jenis objek wisata terbaik,” Jurnal Gaussian,vol. 5, pp. 289–298, 2016.

R. E. Putri, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Mendirikan Usaha Kuliner di Kota Nganjuk Menggunakan Metode Topsis Berbasis Webgis,” Journal of Information and Technology, no.01, December 2016, 2016. [8]

Ikmah dan Anik sri widawati Ikhmah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Wisata,” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2018,pp. 91–96, 2018.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.