SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS AIR MINERAL MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS WEB

Munawwarah Munawwarah, Husaini Husaini, Sayed Achmady

Abstrak


Keberadaan air mineral kemasan demikian cepat diterima oleh masyarakat, bahkan cenderung terus mengalami peningkatan permintaan. Sifat praktis khususnya kemasan gelas di setiap acara menjadi salah satu alasan penggunaan A M D K (air minum dalam kemasan). Tingginya demand disikapi oleh pelaku usaha sebagai peluang bisnis. Sehingga, A M D K yang tadinya hanya dikuasai oleh satu atau dua merek  saja, saat ini telah berkembang banyak merek dengan varian harga. Namun, ragam merek yang beredar belum tentu memiliki standar yang sama sesuai dengan yang diamanatkan dalam SNI A M D K. Secara fisik mungkin saja akan terlihat sama, namun secara kimiawi dan mikrobiologi yang tak kasat mata tidak disadari oleh konsumen. Oleh karena itu maka diperlukan adanya sistem pengukuran kualitas air minum untuk dapat menentukan manakah yang terlebih layak untuk di konsumsi. Metode naïve bayes dalam penelitian ini di implementasikan untuk mengukur parameter kualiatas air mineral seperti pengukuran PH, TDS, Suhu dan lain sebagainya untuk dapat mengukur kualitas air mineral dalam kemasan berbagai produk yang dkonsumsi oleh masyarakat sehingga akan memberikan sebuah keputusan dan informasi berbasis web untuk  rekomendasi produk terbaik air mineral. Penelitian ini dilakukan dengan observasi mendatangi langsung tempat-tempat penjualan air mineral kemasan serta Instansi-instansi yang terkait dengan penelitian ini seperti Dinas Kesehatan. Sistem ini dibuat berbasis android sehingga dapat memberikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam memilih jenis air mineral berdasarkan hasil dari matrik perbandingan alternatif dan kriteria. Sistem dapat menganlisa cara kerja metode naïve bayes untuk mendapatkan sebuah keputusan air mineral kemasan yang layak di konsumsi oleh masyarakat.

Kata Kunci  : Naïve Bayes, Air Mineral, PH, TDS, Suhu, SNI AMDK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Anshori Alif Irfan Mohammad. 2021. Perbandingan Metode Naïve Bayes Clasifier Dengan K-Nearest Neighbor (KKN) Untuk Klasifikasi Kategori Abstrak Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Brady, Loonam. 2018. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Bradford: Emerald Group Publishing.

Dadan Umar. 2017. Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nursantoso Marwa Annisa. 2020. “Prediksi Kondisi Pencemaran Sungai Citarum Berbasis Internet Of Things Dan Klasifikasi Naïve Bayes.” Fakultas Informatika, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1 Terusan Buah Batu, Bandung.

Nareswari, A, 2019. Perbedaan Efektivitas Obat Kumur Chorhexidine Tanpa Alkohol Dibandingkan dengan Chlorhexidine Beralkohol dalam Menurunkan Kuantitas Koloni Bakteri Rongga Mulut. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.