Implementasi marketplace home industri dan UMKM di wilayah aceh berbasis web mobile menggunakan Framework Codeigniter 3 dan framework bootstrap

Siti Anisa, Cut Lilis, Husaini Husaini, Maryanti Maryanti

Abstrak


UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berarti sebuah kegiatan perekonomian rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil. Sedangkan Home Industri adalah suatu unit usaha/perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Biasanya usaha ini hanya menggunakan satu atau dua rumah sebagai pusat produksi, administrasi dan pemasaran sekaligus secara bersamaan. Bidang usaha yang termasuk ke dalam UMKN dan Home Industri antara lain: usaha makanan, usaha tekstil, badan usaha bidang industri pertanian dan lain-lain. Namun dari sekian banyak bidang usaha dan bisnis tersebut banyak sekali masyarakat yang masih belum mengetahui, dan membuat usaha bisnis tersebut kurang berkembang atau kurang dikenal masyarakat luas. Dengan banyaknya orang yang menggunakan teknologi internet sebagai media pencarian informasi, terutama smartphone maka sebuah aplikasi marketplace Home Industri dan UMKM berbasis web mobile diperlukan sebagai media pemasaran online. Aplikasi marketplace untuk Usaha Kecil Menengah dan Home Industri ini dirancang menggunakan framework codeigniter 3 yang memiliki basic bahasa pemrograman PHP dan framework bootstrap yang mampu menghadirkan tampilan user friendly bagi pengguna mobile. Dengan adanya marketplace online untuk Usaha Kecil Menengah semoga bermanfaat bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk-produknya agar memiliki jangkauan pemasaran lebih luas dari daerah hingga perkotaan.

Kata Kunci : Aplikasi marketplace berbasis web mobile, UMKM, Home Industri, Codeiniter, Bootstrap


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahsyar Tengku Khairil. (2020). “E-marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru”, dari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Akbar, M.R., Sarana, Suwondo, A., 2018, “Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Sebagai Sarana Perdagangan Batik dengan Marketplacedi Pekalongan”, Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SEMARANG, Vol.01, Tahun 2018, ISSN: 2477-2097.

Arifah Fatimah Nur, M.Kom. (2020). “Perancangan Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Content Management System”, Program Studi Sistem Informasi, STMIK Bina Patria Magelang.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.