APLIKASI VIRTUAL TOUR KAMPUS DENGAN GOOGLE STREET VIEW PADA FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS JABAL GHAFUR BERBASIS ANDROID

Muhammad Al Kautsar, Yuswardi Yuswardi

Abstrak


Fakultas teknik universitas jabal ghafur memiliki banyak fasilitas-fasilitas, seperti ruang SBAK, ruang kelas, laboratorium, tempat parkir, dan perpustakaan. Saat ini penyampai informasi mengenai fasilitas-fasilitas pada Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur kepada mahasiswa maupun pengunjung kampus masih dilakukan secara lisan, poster maupun browser. saat ini telah hadir suatu media informasi yang mempermudah simulasi dari suatu lokasi objek yaitu Virtual Tour. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun suatu aplikasi virtual tour kampus dengan Google Street View Pada Fakultas Teknik Univeristas Jabal Ghafur berbasis android. Aplikasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman berbasis web dan android. Untuk pembuatan gambar panorama 360 pada penelitian ini menggunakan Google Street View. Hasil dari pembuatan aplikasi ini dapat mempermudah alam proses jelajah kampus tanpa harus mendatangi langsung ke lokasi kampus Fakultas Teknik Universitas Jabal Ghafur. Aplikasi dapat diakses dengan menggunakan smartphone android.

Kata kunci: Aplikasi, Virtual Tour, Google Street View, Google Maps, Android, PHP, MySQL


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, Choiron. 2017. Aplikasi Virtual Tour Dinamis Pada Universitas Dr. Soetomo Surabaya Berbasis Web. Universitas Dr Soetomo Surabaya.

Aru, Tirto, Prihono. 2020. Pemograman Dasar. Gino Guruputra: Yogyakarta.

Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers: Jakarta

Desrianti, Dewi Immaniar. Untung Rahardja dan Reni Mulyani. 2012. Audio Visual As One Of The Teaching Resources On iLearning. Journal CCIT Vol. 5, No. 2. Perguruan Tinggi Raharja: Tanggerang.

Djahir, Yulia dan Dewi Partita. 2015. Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Deepublish: Yogyakarta.

Elcom. 2010. Hebatnya Google Maps dan Pintarnya Google Street. Elcom Media: Jakarta.

Hamzan, Wadi. 2015. Pemograman Android Untuk Pelajar dan Mahasiswa: Belajar & Praktek Langkah Demi Langkah. TR Publisher: Jakarta.

Handjojo, F. 2013. Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Content Management System Dengan Format Virtual Online Tour. Jurnal TeknikInformatika Universitas Tanjungpura.

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Deepublish: Yogyakarta.

Ika Widiyanti. 2017. Aplikasi Pengolah Angka Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Yudistira.

J Dusan; Rogue, Antonio; Leuski, Anton; Morie,

Jacki; Traum, David. A. 2009. Virtual Tour Guide for Virtual Worlds.

Marimin, M.Sc, Prof. Dr. Ir. dkk. 2011. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo: Jakarta.

Novi, Safriadi. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Lokasi Rekreasi dan Hiburan Keluarga di Pontianak. Universitas Tanjung Pura.

O’Brien, James. 2012. Introduction To Information System. Salemba Empat: Jakarta

Rizal, Bastian, Nur, Budi. 2018. Perancangan Virtual Tour Kampus I UKSW Sebagai Media Informasi Mahasiswa Baru. Universitas Kristen Satya Wacana.

Zamrony, P. Juhara. 2016. Buku Panduan Lengkap Pemrograman Android.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1096

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.