PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA
Abstrak
Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Virus di SMA Negeri 1 Glumpang. Rancangan ini menggunakan metode True-Eksperiment Design, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga dengan jumlah 46 orang. Instrumen kemampuan berpikir kritis diberikan soal test berupa soal essay sebanyak lima butir soal. Dianalisis dengan menggunakan rumus persentasi. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen tergolong kategori baik (85,22) sedangkan kelas kontrol kategori cukup (73,91). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritits peserta didik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada materi virus.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Virus
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.
Furmanti, T., & Hasan, R. (2019, October). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).
Harahap, H. S., & Harahap, N. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan modified free inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kotapinang. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 119-128.
Hardani, dkk.(2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hermayani, Anisa Zahra, Sri Dwiastuti, and Marjono Marjono. (2015)."Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing." BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 6.2.
Husna, D., Indriwati, S. E., & Saptasari, M. (2020). Pengaruh Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 82-87.
Mahdiansyah, dkk. (2017). Penilaian Pendidikan: Sistem Penilaian Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Wahyudi, D., Rusman, & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan life skills dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan. Vol. 2(1) Maret, hlm.65-80.
Wahyudi, Putu Verawati, N. N. S &Ayub, Syahrial. (2018). Inquiry Creative Process. Lombok-NTB: Duta Pustaka Ilmu.
Wahyuni, V. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Peserta Didik pada Konsep Sistem Indera Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI Mia Man 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 72-78.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327-1333.
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom: Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 372-384.
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1086
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |