UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURJANNAH NURJANNAH

Abstrak


PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Fluida Dinamis Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2020, yang bertujuan untuk mengetahui metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar fisika materi fluida dinamis pada siswqa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Fisika materi fluida dinamis pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2019/2020?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dilihat dan telah terjadi peningkatan pemahaman materi fluida dinamis pada pembelajaran fisika pada siswa kelas XI MIPA 1 pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 54,7 pada kondisi awal menjadi 75,3 pada siklus I dan menjadi 86,8 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 20,6% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 11,5% dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 32,1% Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 40% dari kondisi awal, siklus II meningkat 25% darisiklus II. Peningkatan ketuntasan secara keseluruhan sebesar 65%.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.