EFEKTIFITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan remedial dalam mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam serta memberikan gambaran dan informasi tentang pelaksanaan remedial terhadap kesulitan belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan pengaruh program remedial dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kelas X1 SMAN 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie Tahun Pelajaran 2017/2018?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rumus product moment. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (a) pembelajaran remedial dilaksanakan setelah diketahui jenis kesulitan belajar siswa (b) sebagai mata pelajaran yang mengajarkan dan membimbing siswa untuk dapat mengetahui, memahami tentang pendidikan agama Islam. (c) setelah dilaksanakan pembelajaran remedial ternyata ada pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar. Berdasarkan uji coba dengan menggunakan dengan rumus product momemt ditemukan bahwa program remedial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar pendidikan agama Islam, ini di buktikan dengan besarnya r hitung sebesar 0,763 dari pada r tabel baik pada taraf 1% (0,361%) mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini menyarankan bagi kalangan para pendidik untuk lebih serius memperhatikan masalah kesulitan belajar peserta didik karena kesulitan belajar yang dialami peserta didik sekolah akan membawa dampak negatif baik terhadap diri siswa itu sendiri maupun terhadap lingkungannya.
Kata Kunci: Efektifitas, Program Remedial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v1i1.104
Refbacks
- There are currently no refbacks.