EFEKTIFITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE

Muslem Muhammad Iqbal

Abstract


ABSTRAK Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pelaksanaan  remedial  dalam  mencapai ketuntasan  belajar pada  mata  pelajaran  pendidikan  agama  Islam  serta  memberikan gambaran dan informasi  tentang pelaksanaan remedial terhadap kesulitan  belajar siswa di kelas  XI  SMAN  1  Kembang  Tanjong  Kabupaten  Pidie  Tahun Pelajaran  2017/2018. Masalah  utama  penelitian  ini  adalah  bagaimana  pelaksanaan  dan  pengaruh  program remedial dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada kelas X1 SMAN 1 Kembang Tanjong  Kabupaten  Pidie  Tahun  Pelajaran  2017/2018?.  Untuk  menjawab  pertanyaan tersebut  maka  penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif  dengan  rumus product moment.  Temuan    penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  (a)  pembelajaran  remedial dilaksanakan  setelah    diketahui  jenis  kesulitan  belajar  siswa  (b)  sebagai  mata  pelajaran yang  mengajarkan  dan  membimbing  siswa  untuk  dapat  mengetahui,  memahami  tentang pendidikan  agama  Islam.  (c)  setelah  dilaksanakan  pembelajaran  remedial  ternyata  ada pengaruh  yang  signifikan  terhadap  kesulitan  belajar.  Berdasarkan  uji  coba  dengan menggunakan  dengan  rumus product  momemt ditemukan  bahwa  program  remedial mempunyai pengaruh  yang signifikan terhadap kesulitan belajar pendidikan agama  Islam, ini di buktikan dengan besarnya r hitung sebesar 0,763 dari pada r tabel baik pada taraf 1% (0,361%) mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian  ini  menyarankan bagi kalangan para  pendidik  untuk  lebih  serius  memperhatikan  masalah  kesulitan  belajar  peserta  didik karena kesulitan belajar yang dialami peserta didik sekolah akan membawa dampak negatif baik terhadap diri siswa itu sendiri maupun terhadap lingkungannya.

Kata Kunci: Efektifitas, Program Remedial




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v1i1.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.