PENGARUH TEKNIK SELF-TALK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA SMKN 2 MATARAM

Evania Rizqiya, Ahmad Muzanni, M Zainuddin, Reza Zulaifi

Abstrak


Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada siswa kelas XI di SMKN 2 Mataram, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan konseling Self-Talk terhadap perencanaan karir siswa di SMK Negeri 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel penelitian terdiri dari siswa yang teridentifikasi memiliki perencanaan karir yang cukup rendah berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal. Metode pengumpulan data meliputi angket perencanaan karir, wawancara, dan observasi. Intervensi dilakukan melalui konseling Self-Talk selama beberapa sesi yang difokuskan pada perubahan pola pikir irasional menjadi rasional, serta pembentukan sikap positif terhadap diri sendiri untuk membantu seseorang mengatasi kesulitan,meningkatkan motivasi,dan membantu dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisis, ternyata nilai t diperoleh= 0,012 Kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan df (N-1) =10-1= 9 dengan taraf signifikan 2,262. Dengan demikian nilai t hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t tabel yakni (0,013<2,262), maka “Pengaruh Teknik Self-Talk Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMKN 2 Mataram”, tidak diterima sehingga penelitian ini dinyatakan Tidak Signifikan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.