EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGUNAKAN TEKNIK BLIBLIOKONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat Keefektivitas bimbingan kelompok dengan teknik blibliokonseling untuk meningkatkan minat baca siswa SMP N 2 peukan pidie, penelitian ini mengunakan metode kuantitatif penelitian ekperimen pretest dan posttest dan Peneliti ini mengolah data yang telah diperoleh melalui studi dokumentasi, studi literatur yang digunakan dalam penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil olah data tersebut, diperoleh nilai uji T pairet sampel test sig.(2-tailed) pretest posttst kelompok kontrol 0.183 <0,05 dan pretest posttst kelompok control sebesar 0.131 <0,05. dan independent sempel test signifikansi (sig) Equal variances assumed pretest adalah sebesar 0.536 dan Equal variances assumed posttest 0.509< 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak yang artinya Ha diterima. Selanjutnya uji Homogenitas Levene test, diketahui nilai signifikansi (sig) Based on Mean pretest adalah sebesar 0,183 > 0,05 dan hasil signifikansi (sig) Based on Mean posttest adalah sebesar 0,131> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa varian kelompok Post-test kelas eksperimen dan Post-tes kelas Kontrol adalah sama atau Homogen Sehingga terdapat perbedaan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada pre test dan post test, secara signifikansi.
Kata kunci: Bimbingan kelompok, teknik blibliokonseling, Minat bacaTeks Lengkap:
PDFReferensi
Daryanti, S., Widayat, W., & Sulastiningsih, S. (2019). Upaya meningkatkan Minat baca siswa dengan Memaksimalkan peran serta Warga sekolah Dasar 1 patalan, JETIS, BANTUL (Doctoraldissertati on.
Ahmadi, F. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Aulawi, M.B. (2011). Optimalisasi layanan perpustakaandalam meningkatkan minat baca siswa. Pustakalokal.
Cholid Narbuko, Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Achmad, juntika, nurihsan, strategi ng: 17 Siti hartinah, konsep dasar bimbingan kelompok, (bandung: pt. refika aditama, 2009)
Kasiyun, S.2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa, Jurnal Pena Indonesia, Volume 1, hal. 79-85.
Anugra, H. 2013. Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustaka n, Volume 1, hal.137-145.
Nurhaidah. 2016. Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya, Jurnal Pesona Dasar, volume 3, hal. 1-1.
Triatma, N.I.2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta, E- Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, Volume 5, hal. 16 - 176.
Berry, M.H. 1994. Biblio/ poetry therapy: The interactive process: A Handbook. Illinois: North Star Press of St Cloud Inc.
Santrock. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Ali baasa Shinto B. Adeler. Jakarta: Erlangga
Scalabassi. 1973. Literature as a Therapuetic Tool : A Review of The Literature on Bibliotherapy. American Journal of Psychotherapy
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.