HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Indrajaya dan hubungan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 1 Indrajaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi. Analisis penelitian dilakukan dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji normalitas, Uji homogenitas dan korelasi. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang berarti antara Self Regulated Learning dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Indrajaya. Berdasarkan hasil analisis diatas maka Ha ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti terdapat hubungan yang signifikan.
Kata kunci: self regulated learning, prestasi belajar siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aziz, Jamil Abdul. 2017. Self Regulated Learning dalam Al-qur'an”, Jurnal. Pendidikan Agama
Baharuddin. (2009). Teori Belajar & Pembelajaran, Jogjakarta : Ar-ruzz Media.
Bahri, Syamsul, Fahry zamzam. 2015. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Yogyakarta : Penerbit Deepubllish(grout Penerbitan CV. Budi Utama).
Baumert et al., (2002). Self Regulated Lear?ning as Cross Cultural Concept. Diakses dari http://www.mpib?berlin.mpg.de/ pisa/pdfs/ccengl.pdf.
Baumert et al., 2002. Self Regulated Learning. Jakarta: Erlangga
Basri, Teuku Fadhli, dan Syarfuni (2021). Implementasi teori prodigy dengan pendekatan pembelajaran berbasis manajemen kelas untuk meningkatkan potensi diri dalam belajar . Journal Visipena. Vol.8(2) PP. 170-184
Deasyanti dan Armeini. 2017. Self Regulated Learning. Jakarta: Grasindo
Densi Sugono, 2018. Psikologi Abnormal Di Dunia Yang Terus Berubah. Jakarta: Erlangga
Djiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Elfidayanti, (2013). Hubungan Kreativitas dan Motivitas Berprestasi Dengan Self- Regulated Pada Siswa.http://repositori.uma.ase.id/handle.
Eva Revita Sari, 2018. Self Regulated Learning Kajian Teoritis dan praktis dalam Proses
Friedman, 2016. Psikologi Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika Islam. 16 (1), 81-108.
John. W. Santrock, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika, 2009 Jossey-Bass.
Journal of Educational Psychology, 95(1), 179–187.
Loekmono, 2019. Rasa Percaya Diri Sendiri. Jakarta: Aksara.
Montalvo, 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Montalvo, F. T, dan Torres, M. (2004). Self Regulated Learning: Current and Future Directions. Journal Educational Psychology.
Muhammad Ali. Metodologi dan Aplikasi.Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhibbin, 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana.(2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nining Dharma Putri, Journal, Vol.1, No 2, 2017. Pembelajaran. Jakarta: Academia.
Purwanto, Ngalim, 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Puwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Reni Akbar Hawadi, 2021. PsikologiPerkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.
Santrock, 2017. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.
Schunk, 2005 ( Eka Budhi Santosa, 2021:2). Self Regulated Learning Journal of Educational Psychology.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT.Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto.2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta; Rineka Cipta.
Sobur, 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugihartono, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugihartono,dkk, 2007.Psokologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ban.dung: CV. Alfabeta
Sugiono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sumardi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutratinah Tirtinegoro. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Syah, Muhubbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cut. IV; Jakarta: PT.Rajagranfondo Persada, 2011.
Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Winkel.Darmadi.(2017). Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa (1st ed.). Deepublish.
Wolters, C. A., 2018. Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective.
Yevina, JINOTEP, Vol. 4, No. 1, Oktober 2017.
Zimmerman, Barry J. 2018. Self-Regulated Learning. ed. Héfer Bembenutty. San Francisco:
Zubaidah Amir dan Risnawati, Psikologi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.