PENGARUH TEKNIK SELF-TALK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA SMKN 2 MATARAM

Evania Rizqiya, Ahmad Muzanni, M. Zainuddin, Reza Zulaifi

Abstrak


Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada siswa kelas XI di SMKN 2 Mataram, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan konseling Self-Talk terhadap perencanaan karir siswa di SMK Negeri 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel penelitian terdiri dari siswa yang teridentifikasi memiliki perencanaan karir yang cukup rendah berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal. Metode pengumpulan data meliputi angket perencanaan karir, wawancara, dan observasi. Intervensi dilakukan melalui konseling Self-Talk selama beberapa sesi yang difokuskan pada perubahan pola pikir irasional menjadi rasional, serta pembentukan sikap positif terhadap diri sendiri untuk membantu seseorang mengatasi kesulitan,meningkatkan motivasi,dan membantu dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil perhitungan t-test yang diperoleh melalui analisis, ternyata nilai t diperoleh= 0,012 Kemudian dikonsultasikan dengan nilai t dalam tabel dengan df (N-1) =10-1= 9 dengan taraf signifikan 2,262. Dengan demikian nilai t hitung hasil penelitian ini lebih besar dari nilai t tabel yakni (0,013<2,262), maka “Pengaruh Teknik Self-Talk Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMKN 2 Mataram”, tidak diterima sehingga penelitian ini dinyatakan Tidak Signifikan.

Kata kunci: Konseling Self-Talk; Perencanaan Karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Bumi Aksara. Jakarta.

Agustina, Ariyanti. 2018.Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar Di SMA Negeri Ogan Kemering Ulu. Journal Of Educational.

Ari, U., & Umi. (2018).Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Aspirasi Dan Efikasi Karir Siswa Kelas XI TBSM SMK AL Falah Winong Pati. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1), 29-35.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Baker, David P. 2009. “The Educational Transformation of Work: Toward a New Synthesis.” Journal of Education and Work 22 (3):36

Baker, David P. 2009. “The Educational Transformation of Work: Toward a New Synthesis.” Journal of Education and Work 22 (3): 36

Burnett, P. C., & McCrindle, A. R. (1999). The relationship between significant others' positive and negative statements, self-talk and self-esteem. Child Study Journal, 29, 39-48.

Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Davis, M. (2011).Secret to Unlocking Your Real Potentials. Publisher.

Diswantika, N. (2015). Efektivitas Teknik Self Talk dalam Pendekatan Konseling Kognitif untuk Meningkatkan Disiplin Diri Peserta Didik. Jurnal STKIP-PGRI Bandar lampung, (1) http://repository.upi.edu/id/eprint/16845 [diakses 25 april 2022]

Domenico, D. M., & Jones, K. H. (2007). Career aspirations of pregnant and parenting adolescents. Journal of Family and Consumer Science Education, 25(1), 24-33.

Egan (dalam Erford: 223). 40 Teknik yang Harus di Kuasai Setiap.

Egan, G. (2010). The Skilled Helper: A problem management and opportunity development approach to helping. (edisi kesembilan). Pacific Grove, CA: Brooks/Cole.

Erford, B. T. (Ed.). (2017).Orientation to the Counseling Profession: Advocacy, Ethics, and Essential Professional Foundations. Pearson,223

Erford, B.T. (2016). 40 Teknik yang harus di Ketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Fitzgerald, J. (2015). The Power of Self-Talk: How to Harness the Power of Your Inner Voice. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Henry Simamora. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Iswari, D., & Hartini, N. (2005). Pengaruh Pelatihan dan Evaluasi Self-talk terhadap Penurunan Tingkat Body-dissatisfaction. Journal Unair Surabaya, 7(3), 1-22.

Iswari, D., Hartini, N. (2005). Pengaruh Pelatihan dan Evaluasi Self Talk Terhadap Penurunan Tingkat Body Dissatisfaction. Insan Media Vol 7 No. 3. Universitas Airlangga. Surabaya.

Iswari, R., & Hartini, S. (2005). Konseling Karir Untuk Pemecahan Masalah Pengambilan Keputusan Karir. Universitas Negeri Malang Press.

Khairani M. (2017). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Komara, Indra Bangkit. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia.

Komarudin, S. (2015). Konseling Kelompok. PT. Remaja Rosdakarya.

Komarudin. (2015). Psikologi Olahraga. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Marpaung, Yosin Marin. (2012). Pengaruh Pajanan Debu REspirable PM2,5 Terhadap Gangguan Fungsi Paru Pedagang Tetap di Terminal Terpadu Kota Depok. Skripsi. Universitas Indonesia. http:/ejournal.lib.ui.ac.id/pdf

Masturina, D. 2018. Pengaruh Kompetensi Diri dan Kepercayaan Diri terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo. Vol. 6, No. 199.ISSN: 2477-2666/E-ISSN: 2477-2674.

Matthews, G., & Campbell, S. (2019). Self-Talk in Sport: The Role of Self-Talk in Enhancing Performance. International Journal of Sports Science & Coaching

Nana, Syaodih Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nuraini, R. D. (2013). Penerapan Metode Studi Kasus YIN Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA, 16(1), 69

Nur Wahyuni. (2020). Penerapan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 18 Makassar. (Makassar: Universitas Negeri Makassar). Hl. 2-4.10

Nurodin. (Tahun tidak diketahui). Rational Emotive Behavior Therapy: Teori dan Aplikasi. Penerbit Salemba Humanika.

Salahudin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Surakarta: Pustaka Setia

Salam, N. (2017). Efektivitas Konseling Individu dengan Teknik Self-Talk Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 46-53.

Seligman & Reichenberg. (2013). Theories of counseling psychotherapy: Systems, strategis, and skills of counseling and psychotheraphy. (Edisi ke-4). Upper Saddle River, NJ: Pearson Merril.

Sugiyono.(2012).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.

Tahir, M.2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi, Dewa Ketut. (1997). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Ghalia Indonesia. Jakarta

Sukardi, Dewa Ketut. (2003). Panduan Perencanaan Karir. Usaha Nasional. Surabaya.

Sukardi. (1997). Psikologi Bimbingan: Panduan Praktis bagi Para Konselor. Rineka Cipta.

Sunyoto, Danang. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. Buku Seru. Jakarta.165

Surakhmad, Winarno. (2012). Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Tehnik. Tarsito. Bandung.

Tambunan, S. (2018). Pengaruh Konseling Self Talk Terhadap Tingkat Kecemasan. Madaniyah, 8(1), 41-52.

Winkel, W.S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Instuti Pendidikan. PT……Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.