EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL UNTUK MENCEGAH PENGARUH PERILAKU LGBT DI KALANGAN SISWA DAN SISWI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat keefektifan layanan klasikal untuk mencegah LGBT di SMA N 1 Mutiara, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa eksperimen dengan Group Pretest-Postest Control Group desain penelitian. Dengan jumlah subjek penelitian, 60 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Paired Samples T-test menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikansi (Sig.) (2-tailed) pretest sebesar 0.036<0,05 dan hasil postest sebesar 0.000<0,05. Dan pretest postest kelompok Kontrol sebesar 0.000<0,05 danĀ pretest postest kelompok eksperimen sebesar 0.000 <0,05.Menunjukkan peningkatan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan kalsikal efektif dalam mencegah LGBT di SMA N 1 Mutiara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan agar dapat dilaksanakan dan dilanjutkan dalam lingkup yang lebih luas.
Kata Kunci : Efektivitas Layanan Klasikal, Mencegah, Lgbt.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afriyanti, E. (2018, juni 2). Upaya pencegahan risiko LGBT pada remaja SMA (LGBT risk prevention efforts in Senior High School adolescents). Warta Pengabdian Andalas, 22.
Candra, F. R. (2018). LGBT DITINJAU DARI HAK ASASI MANUSIA . Jurnal Kewarganegaraan Vol. 2 No. 1 Juni 2018 .
Dharmayanti. (2022). Pro-Kontra Terhadap Pandangan LGBT Berdasarkan Perpektif HAM,Agama, Dan HUkum Di Indonesia. Ikatan Penulis Mahasisawa Hukum Indonesia vl 2 2022.
fatimah. (2013, juni 5). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecendurungan Gaya Hidup. Skripsi Kontrol Diri.
Haryanto, S. A. (2010). Komunikasi dan sosialisasi kaum gay dalam masyarakat (studi deskriptif kualitatif tentang komunikasi dan sosialisasi kaum gay dalam pengungkapan diri pada masyarakat di kabupaten Sragen). Skripsi FISIP Universitas Sebelas Maret Sura 2010.
Haryanyo. (2012). pengertian menurut para ahli.
heryanto. (2017, desember 2). MODEL PENILAIAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER. Edueksos, 4.
Kurniawati, Y., & V. S. (2017). pengaruh psikoedukasi lgbt ( Lesbi, Gay, Biseksual, dan Transgender) Terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang LGBT. Ilmu Psikologi 2017.
Nazar, M. (2024). Pj Bupati Ungkap Lima Kasus Tertinggi Di Pidie. Serambinews.
Nevid, J. S. (2023). Psikologi abnormal . Edisi kelima jilid 2. Jakarta: Erlangga. .
Novi. (2017). Implimentasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah .
Ramadhani, A. (2024). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah LGBTQ pada Kalangan Remaja . Jurnal Pendidikan Tambusai volume 8 No 1 Tahun 2024.
Rinita Amelia*1, M. S. (2022). Persepsi, Sikap dan Tingkat Pengetahuan Siswa SMA 1 Padang Panjang Terhadap LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) . Jurnal Ilmiah MANUSIA DAN KESEHATAN Volume 5, Nomor 3, 2022 .
Rosidah, A. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri siswa Underachiver.
Sabrida. (2018). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI TREND LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, DAN TRANSGENDER) DI SMA NEGERI 1 ACEH TAMIANG. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 59-77.
Sugiono. (2010). Metode penelitian kualitatif,kuantitatif,dan R&D Alfabeta. Bandung: 2010.
Syarief, H. (2017). SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TERHADAP HOMOSEKSUALITAS.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.




