EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

faiza umaiya, Basri Basri, Teuku Fadhli

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat keefektifan layanan klasikal untuk mengtasi kesulitan belajar siswa SMA N 1 Mutiara, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa eksperimen dengan Group Pretest-Postest Control Group desain penelitian. Dengan jumlah subjek penelitian, 60 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Paired Samples T-test menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikansi (Sig.) (2-tailed) pretest sebesar 0.026<0,05 dan hasil postest sebesar 0.000<0,05. Dan pretest posttst kelompok Kontrol sebesar 0.000<0,05 danĀ  pretest posttst kelompok eksperimen sebesar 0.000 <0,05.Menunjukkan peningkatan rata-rata yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan kalsikal efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan agar dapat dilaksanakan dan dilanjutkan dalam lingkup yang lebih luas.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.