HUBUNGAN ANTARA ORIENTASI TUJUAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA MAHASISWAUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Wilda Azhari, Cipto Hadi

Abstrak


Perilaku menyontek seharusnya sudah tidak ada dibangku perkuliahan, karena mahasiswa dianggap sudah dapat membedakan antara perbuatan yang benar dan yang salah. Namun hingga saat ini, kebiasaan tersebut masih banyak terjadi bahkan dilakukan secara terang-terangan. Maka dari itu, untuk mengurangi perlu meningkatkan orientasi tujuan dan motivasi berprestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara orientasi tujuan dan motivasi berprestasi dengan perilaku menyontek pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi tujuan dan motivasi berprestasi dengan perilaku menyontek pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 342 mahasiswa aktif semester 2, 4, 6, dan 8 dengan rentang usia 17-24 tahun. Jumlah mahasiswa laki-laki sebanyak 71 atau sekitar 20,8% dan mahasiswa perempuan sebanyak 271 sekitar 78,2%. Menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek, skala Work Domain Goal Orientation (WDGO), dan skala motivasi berprestasi. Koefisien reliabilitas skala perilaku menyontek 0,864, orientasi tujuan 0,820 dan motivasi berprestasi 0,831 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi tujuan dan motivasi berprestasi dengan perilaku menyontek. Dengan meningkatkan orientasi tujuan dan motivasi berprestasi pada diri mahasiswa maka perilaku menyontek dapat ditekan, begitupun sebaliknya

Kata kunci: Mahasiswa, perilaku menyontek, orientasi tujuan, motivasi berpretasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albaar, A., H. 2023. Goal Orientation, Ketangguhan Mental, dan Prestasi Akademik Student Athele. Psychological Journal: Science and Practice, 3(1), 132-138. https://doi.org/10.22219/pjsp.v3i1.24187

Amelia, S. H., Tanjung, Z., Riyant, E., AM, R. A., Nova, M., Novita, N., & Ranny, R. 2016. Perilaku Menyontek Dan Upaya Penanggulangannya. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(1).1-6. http://dx.doi.org/10.29210/3003226000

Annajah, U., & Falah, N. 2016. Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Jurnal Hisbah, 13(1), 102-115. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07

Azwar, S. 2020. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Budi, A. D. A. S., Septiana, L., & Mahendra, B. E. P. (2024). Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(01), 01-11.https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.878

Cahynai, P., D. & Ansyah, E., H. 2023. The Relationship Between Confidence And Cheating Behavior In Students At SMP X. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 141-149. https://doi.org/10.21070/ups.2667

Cizek, G. J. 1999. Educational Testing Integrity: Why Educators and Students Cheat and How To Prevent It. Mahwah: New Jersy

Damanik, R. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252

Elliot, A. J., & Murayama, K. 2008. One the Measurement of Achievement Goals: Critique, Illustration, and Application. Journal of Educationel Psychology, 100 (3), 613-628. http://dx.doi.org/10.1037/0022-0663.100.3.613

Fadrian, A., & Irianto, A. 2015. Pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/view/5868/4587

Haru, E. 2023. Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Jurnal Alternatif: Wacana Ilmiah Interkultural, 12(1), 60-74. https://doi.org/10.60130/ja.v12i01.117

Heckhausen, H.1967. The Anatomy of Achievement Motivation. New York & London: Academic Press

Husna, M. T., & Raffles, F. 2024. Risiko Terjadinya Kecurangan Akademik Ditinjau dari Orientasi Tujuan Mahasiswa. Syiah Kuala Psychology Journal, 2(1), 11-20.

https://doi.org/10.24815/skpj.v2i1.29752

McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Trevino, L. K.2012. Cheating in college: Why students do it and what educators can do about it. JHU Press.

Muharriami, C. O. 2023. Hubungan Self-Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Remaja Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh: Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25830

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43-53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sari, I., M. 2016. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa. Sripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: Riau http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20090

Septiani, A. N., Nayazik, A., & Kurniawan, P. 2019. Hubungan Orientasi Tujuan dengan perilaku menyontek siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 307-314. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.840

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Survei Fraud Indonesia. 2019. Survei Fraud Indonesia 2019. https://acfe-indonesia.or.id/wp-content/uploads/2021/02/SURVEI-FRAUD-INDONESIA-2019.pdf diakses pada tanggal 15 Juli 2024

Schunk, D. H. 1995. Self-efficacy, motivation, and performance. Journal of applied sport psychology, 7(2), 112-137. https://psycnet.apa.org/doi/10.1080/10413209508406961

Utami, P. P., & Setiowati, E. A. 2021. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Relasi Teman Sebaya dengan Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Fakultas X Unissula. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira. 551-560. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8174

Uyun, M. 2018. Orientasi tujuan dan efikasi akademik terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 45-51. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.1938

Vandewalle, D. 1997. Development and validation of a work domain goal orientation instrument. Educational and psychological measurement, 57(6), 995-1015. https://psycnet.apa.org/doi/10.1177/0013164497057006009

Wahyuningtyas, I. V. 2013. Hubungan orientasi tujuan dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1). 22-29. https://journal.unnes.ac.id/sju/epj/article/view/2582


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.