PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERGAULAN BEBAS REMAJA

Della Orin Ollifvia, Suryati Suryati, Hartika Utami Fitri

Abstract


ABSTRAK

Pergaulan bebas meeupakan suatu interaksi individu atau kelompok masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat yang dapat merusak citra pribadi ataupun lingkungan dimana pristiwa tersebut terjadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan behavior dalam mengurangi pergaulan bebas remaja di jalan jati raya 2 RT 61 Rw 08 Kecamatan Alang-Alang Lebar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang di kumpulkan, subjek pada penelitian ini yaitu para remaja akhir yang berusia 18-22 tahun yang merupakan remaja di jalan jati raya 2 Alang-Alang Lebar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konseling kelompok dapat mengatasi permasalahan pergaulan bebas remaja yang ada di jalan jati raya 2 Kecamatan Alang-Alang Lebar karena di dalam teknik assertive training melibatkan sesi diskusi yang terbuka mengenai dampak pergaulan bebas. Didalam penelitian ini teknik assertive training melakukan beberapa tahap yaitu yang pertama, Meningkatkan keterampilan asertif remaja dalam menolak tekanan negatif, kedua, reduksi tingkat peegaulan bebas melalui perubahan perilaku yang positif, ketiga, penguatan ikatan sosial dan dukungan dari kelompok sebaya. Hal ini dapat membantu remaja untuk membangun kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang positif.

 

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Pergaulan Bebas Remaja


References


Adhiputra, A.A.N. 2020 “Landasan-landasan Konseling Kelompok”. Denpasar : Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP.PGRI Bali.

Alberti, R. E. & Emmons, M. L. (2019).Your Perfect Right: Assertiveness And Equality In Your Life And Relationships. Atascadero, Ca: Impact Publishers.

Corey, Gerald. 2020. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koeswara .Bandung, Refika Aditama.

Gunarsa, S. D. (2020). Psikologi Muda Mudi. Jakarta: Mulia

Hasbahuddin, H., Fithrayani, A., & Bakhtiar, M. I. (2019). Assertive Training Untuk Mengurangi Kecenderungan Pergaulan Bebas. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 94-101.

Haswan, H. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling (BK) Mengatasi Pergaulan Bebas Siswa di SMP Negeri 6 Palopo.http://repository.umpalopo.ac.id/view/divisions/Bk/.

Heru Nurochman, M. A. (2019). Peran Konselor Dalam Penanggulangan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Palangkaraya). Jurnal Bimbingan dan Konseling .

Kartini Kartono, Ilmu Sosiologi, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019) h.34

Latipun. 2019. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mursyidi. (2019), Kajian Teori Belajar Behaviorisme dan Desain Instruksional , Al Marhalah Jurnal Pendidikan Islam P-ISSN 0126-043X Volume. 3, No. 1 Mei 2019 E-ISSN 27162- 400, http://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/30/29.

Narbuko Cholid,Metodologi Penelitian, (Jakarta PT Bumi Aksara,2019)

Nathaniel L. Gage, & David C. Berliner. (2019). Educational Psychology (5th ed.). Boston: Houghton Mifflin.

Prayitno. 2019. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: GhaliaIndonesia.

Prayitno dan, Erman Emti. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2019.

Siregar, R., Batubara, U. N., 7 Siregar, N. (2022). Penggunaan Teknik Assertive Training Dalam Mengembangkan Penalaran Moral. Jurnal Education And Development, 10(2), 612-615.

Septasari, D., & Fitri, H. U. (2023). Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 1(3), 522-525.

Sudratajat, Akhmad. 2020. Pendekatan Konseling Behavioral. dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2020/01/23/pendekatan-konseling-behavioral/Taufik. 2020. Model-Model Pendidikan. Padang: FIP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.