PENGARUH FILSAFAT NIETZSCHE TERHADAP STRUKTUR BAHASA

Vera Wardani, Fathur Rokhman, Tommi Yuniawan

Abstrak


Artikel ini membahas dampak pandangan filsafat Friedrich Nietzsche terhadap struktur bahasa dan interpretasi realitas. Nietzsche merevolusi konsep kebenaran dengan memandangnya sebagai hasil interpretasi subjektif yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan nilai-nilai personal. Analisis kualitatif terhadap karya-karya Nietzsche mengungkapkan pandangan revolusionernya terhadap bahasa sebagai alat mediasi antara manusia dan realitas. Pandangan Nietzsche membawa konsekuensi pada konsep kebenaran dan realitas, menggesernya dari entitas tetap menjadi hasil konstruksi subjektif. Metode penelitian mengadopsi pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis dokumen karya Nietzsche, membandingkannya dengan filsuf lain, dan mengeksplorasi implikasi kontemporer. Hasil penelitian menyoroti pandangan Nietzsche terhadap bahasa sebagai wadah ekspresi filsafat individual, di mana struktur bahasa dipengaruhi oleh subjektivitas dan variasi interpretasi. Pengaruh Nietzsche terhadap ontologi, epistemologi, dan aksiologi tercermin dalam pemahaman baru tentang struktur bahasa, pengetahuan, dan nilai moral. Simpulan artikel menekankan pentingnya memahami konsep-konsep Nietzsche dalam pemahaman bahasa dan realitas, serta perlunya studi lanjutan untuk menjelajahi implikasi kontemporer dan memvalidasi temuan melalui diskusi dengan pakar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahrum. (2013). Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Sulesana, (8)2, 35-45.

Clark, M. (1990). Nietzsche on Truth and Philosophy. Cambridge. University Press.

Danto, A. C. (1965). Nietzsche as Philosopher. Macmillan.

Deleuze, G. (1983). Nietzsche and Philosophy. Columbia University Press.

Junaidi, J., & Wardani, V. (2022). Sikap Patriotisme Pejuang Aceh dalam Film Cut Nyak Dhien. Master Bahasa, 10(2), 35-42.

Klossowski, P. (1969). Nietzsche and the Vicious Circle. University Of Chicago Press.

Magnus, B. (2010). Nietzsche's Existential Imperative. Indiana University Press.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.

Nehamas, A. (1985). Nietzsche: Life as Literature. Harvard University Press.

Nietzsche, F. (1872). The Birth of Tragedy. Penguin Classics.

Nietzsche, F. (1873). On Truth and Lies in a Nonmoral Sense In Philosophy and Truth: Selections from Nietzsche's Notebooks of the Early 1870s. Cambridge University Press, 2010.

Nietzsche, F. (1883-1885). Thus Spoke Zarathustra. Penguin Classics.

Safranski, R. (2002). Nietzsche: A Philosophical Biography. W. W. Norton & Company.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.