PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 INDRAJAYA

Erlis Erlis, Basri Basri, Zamratul Aini

Abstrak


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Indrajaya” mengangkat masalah bagaimana motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh layanan bimbingan konseling terhadap motivasi di SMA Negeri 2 Indrajaya.  Penelitian ini bertujuan untuk Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri  2 Indrajaya. Populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Indrajaya Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 134 orang, dengan jumlah sampel 30 orang. Metode yang digunakan yaitu expost facto yaitu variabel-variabel yang diteliti tidak dikendalikan dan dimanipulasi oleh peneliti, tetapi fakta diungkap berdasarkan pengukuran gejala yang telah dimiliki atau menguji apa yang akan terjadi. Untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan peneliti akan mempergunakan analisa data yang sesuai dengan jenis data dalam penelitian ini. Sedangkan rumus yang akan di pergunakan adalah rumus korelasi product moment. Berdasarkan data yang diperoleh terlihat bahwa ada pengaruh bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan dalam pengujian hipotesis ditemukan angka korelasi sebesar 0,634 (63,4%) itu berarti korelasi tersebut bertanda positif.

 

Kata Kunci: Bimbingan, Konseling, Motivasi, Belajar, Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.