PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MOTIVASIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N 2 INDRAJAYA

Yoga Andika Putra, Basri Basri, Fauzi Aldina

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian dengan judul Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Motivsional Interviewing Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Siswa SMA N 2 INDRAJAYA ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam menerapkan layanan bimbingan motivasional interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA N 2 INDRAJAYA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriftif, terhadap tiap-tiap variabel dari hasi yaitu Untuk mengetahui efektivitasi implementasi Teknik Motivational Interviewing dalam menangani permasalahan peserta didik terutama pada bidang belajar. penelitian Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat diperoleh gambaran layanan bimbingan klasikal dengan teknik motivasional interviewing (X) pada taraf nilai (R square) 0.423 (42,3%) nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik motivasional interviewing (X) motivasi belajar adalah sebesar 42,3 %. Sedangkan 57,7% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan dari kesimpulan hasil uji determinasi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik motivasional interviewing (X) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dengan total pengaruh 42,3 % pengaruh positif ini bermakna semakin sering diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik motivasional interviewing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: layanan bimbingan klasikal. Motivasional interviewing. Motivasi belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.