EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA

Qudratun A'Yun, Zamratul Aini, Rizka Heni

Abstrak


 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetuhi bagaimana efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk melatih kepercayaan diri pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dengan Metode Observasi, Metode Wawancara (Interview) dan Metode Dokumentasi, sedangkan Teknik Analisis Data yaitu Teknik Analisa Data Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perlakuan bimbingan kelompok Teknik modeling menghasilkan perubahan perilaku meningkatnya kepercyaan diri pada peserta didik SMA Negeri 1 Geumpang dengan kriteria “Tinggi”. Ditujukan pula dari hasil uji t dengan program SPSS 20 diperoleh thitung>ttabel, maka 3.708< 0.005, tanda plus ini berarti arahnya yang semakin positif atau daerah penerimaan H0 di arah kanan. Hal ini berkaitan dengan teknik modeling yang mampu mereduksi (meningkatkan) perilaku kepercayaan diri. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, hal ini menunjukkan bahwa antara kelas pre tes dan post terdapat perbedaan yang bermakna

Kata kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, modeling, kepercayaan diri


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.