STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 MUARA TIGA

Hidayatur Rahmi, Zamratul Aini, Muqarramah Fitri

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetuhi bagaimana strategi guru bimbingan konseling dalam mengatasi perundungan pada siswa di SMP Negeri 2 Muara Tiga.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dengan Metode Observasi, Metode Wawancara (Interview) dan Metode Dokumentasi, sedangkan Teknik Analisis Data yaitu Teknik Analisa Data Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan strategi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling berjalan dengan baik meski hanya bisa mengurangi perilaku perundungan verbal dan nonverbal dikarenakan adanya hambatan/kendala. Beberapa strategi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling tersebut adalah mencari akar permasalahan dengan cara menanyakan seputar alasan kenapa siswa tersebut melakukan perundungan, memberikan beberapa layanan. Selain itu juga dapat disimpulkan dalam mengimplementasikan strategi-strategi diatas guru bimbingan dan konseling mengalami hambatan-hamabatan, yaitu datang dari orang tua siswa itu sendiri.

 

Kata kunci: Strategi, Guru Bimbingan Konseling, Perundungan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.