EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN DIRI SISWA SAAT MENGHADAPI GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 2 SIGLI

Khairil Basyar, Basri Basri, Teuku Fadhli

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok efektif untuk mengatasi fobia siswa saat menghadapi guru bimbingan konseling di SMA Negeri 2 Sigli. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 orang responden yang terdiri dari 7 orang kelompok eksperimen dan 7 orang kelompok kontrol. Penelitian ini bersifat kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest posttest design. Dalam desain ini, sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi posttest (tes akhir). Pengumpulan data penelitian melakukan penelitian secara observasi, dokumentasi pada objek penelitian. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan bantuan software analitik komputer SPSS versi 24. Hasil penelitian dengan pengujian Uji Paired Sampel T-test didapatkan nilai  p value = 0.356 (p value < 0.05), ini bermakna penerapan layanan konseling kelompok untuk mengatasi fobia siswa saat menghadapi guru bimbingan konseling tidak efektif pada kelompok kontrol. Sedangkan untuk kelompok eksperimen layanan konseling kelompok untuk mengatasi fobia siswa saat menghadapi guru bimbingan konseling sangat efektif, yang dibuktikan dengan perolehan nilai p value = 0.001 (p value < 0.05), artinya Ha ditolak dan Ho di terima.

 

Kata kunci: Layanan konseling kelompok, fobia, siswa dan guru bimbingan konseling


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Davison, G.C & Neale J.M. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Fadhli, dkk. 2021. Implementasi Teori Prodigy dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Potensi Diri dalam Belajar. Sigli: Naskah Publikasi Universitas Jabal Ghafur Sigli

Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana

Juntika, Achmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Refika Aditama.

Lubis, Lahmuddin. 2011. Landasan Formal Bimbingan Konseling di Indonesia. Medan : Cita Pustaka Media Printis

Prayitno. 2004. Layanan Konseling Perorangan. Padang : Universitas Negeri Padang Press.

Prayitno dan Amti, Erman. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RinekaCipta.

Purwaningsih, Sri. 2012. “Hubungan Sikap Siswa Terhadap Konselor dan Tingkat Keterbukaan Diri dengan Minat Memanfaatkan Layanan Konseling. Surakarta: Naskah Publikasi UniversitasMuhammadiyah Surakarta

Nevid, Jeffrey S dkk. 2003. Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Rahman, Hibana S. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17 Plus. Yogyakarta: Sutirna.

Sofyan. S. Willis. 2004 . Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi Ketut. 2008. Proses Bimbingan Konseling diSekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Intelegensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wade, Carole dan Travis, Carol. 2007. Psikologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitiian Gabungan. Padang: UNP Pres


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.