PENGARUH BIMBINGAN KARIR TERHADAP PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 MUARA TIGA

Salahuddin Salahuddin, Zamratul Aini, Rizka Heni

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam menerapkan  bimbingan karir pada siswa lanjutan kelas IX SMP Negeri 2 Muara Tiga.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriftif, terhadap tiap-tiap variabel dari hasil penelitian. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat diperoleh gambaran bimbingan karir (X) pada taraf sedang dengan rentang nilai interval koefisien  sebesar 0,40-0,599 tergolong pada kategori sedang, sedang nilai (R square) 0.422  (42,2%) nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh bimbingan karir (X) terhadap pemilihan sekolah lanjutan adalah sebesar 42,2 %. Sedangkan 57,8% pemilihan sekolah lanjutan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan dari kesimpulan hasil uji determinasi dapat disimpulkan bahwa bimbingan karir (X) berpengaruh positif terhadap pemilihan sekolah lanjutan dengan total pengaruh 42,2 % pengaruh positif ini bermakna semakin sering diberikan layanan bimbingan karir maka akan berpengaruh terhadap pemilihan sekolah lanjutan.

 

Kata kunci: Peran Guru, Bimbingan Konseling, Bimbingan Karir.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alnisa Min Fadlillah and Dienni Ruhjatini, 2019. Edukasi Perencanaan Karir Bagi Siswa-Siswi SMA Di Kecamatan Limo, Depok, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Anas Salahuddin, 2010. Bimbingan & Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto Suharsimi. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Boediono, Wayan Koster., 2004, Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilita, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Daryanto dan Muhamad Farid, 2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Gava Media.

Fenti Hikmawati, 2011. Bimbingan konseling. Jakarta : PT RajaGrafindo persada.

Gorji, Z., Hatamy, A., & Khoshkonesh, A. (2011). The relationship between Holland's personality types and sensation seeking in Firemen and Clerks of municipality. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Jurnal, 15, 3737-3742.

Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier, Teori dan Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.

Nur Izzah Robbaniyah, Dra. Michiko Mamesah, M.Psi, dan Susi Fitri, S.Pd., Kons., M.Si. (2013). Efektivitas Layanan Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Karir Mahasiswa Bk Fip Unj Angkatan 2011. Universitas Negeri Jakarta.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Univertas Negeri Malang.

Sopyan Yamin dan Heri Kurniawan. (2009) SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Sofware SPSS, Jakarta: Salemba Infotek.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyu Widyatmoko, Yulia Ayriza, Riszal Purwandika. (2019). Analisis Faktor Konfirmatori Sebagai Prosedur Evaluasi Konstruk Skala Kematangan Karir. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.