KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI

Zahara Namira, Bunyamin Bunyamin, Zamratul Aini

Abstrak


Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengunaan teknik restrukturisasi kognitif efektif atau tidak di gunakan untuk mengurangi kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif Diskriptif pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur yang berjumlah 8 orang mahasiswa dengan kategori tingkat kecemasan yang tinggi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan purposive sampling. Sedangkan, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang sudah divalidasi oleh validitator. Uji validitas instumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan cronbach alpha dengan tingkat koefisien reliabilitas sebesar 0,916. Adapun analisis data menggunakan uji aplikasi SPSS versi 24 dengan analisis paired sample t test. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 2,365 pada derajat kebebasan (df) 7, kemudian dibandingkan dengan ttabel adalah 8,992, maka thitung > ttabel, (8,992 > 2,365), dengan nilai sign 2 tailed < dari nilai kritis 0,005, yaitu 0,000 < 0,005. Maka dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan penggunaan teknik retrukturisasi kognitif efektif digunakan untuk mengurangi kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

Kata Kunci : Konseling kelompok, Restrukturisasi kognitif, Kecemasan mahasiswa


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.