KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM DI SMA NEGERI KECAMATAN INDRAJAYA

Safrida Safrida, Teuku Fadhli, Muqarramah Fitri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru bimbingan konseling terhadap pelaksanaan program bimbingan konseling dan  upaya guru bimbingan konseling terhadap pelaksanaan program bimbingan konseling di SMA Negeri Kecamatan Indrajaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif

.Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan sample 6 guru wali kelas SMA Negeri1 Indrajaya dan 6 guru wali kelas SMA Negeri 1 Indrajaya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner skala likert. Data diolah menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwapersentase kinerja guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Indrajaya   sangat baik dengan hasil presentase 84%   dibandingkan SMA Negeri 2

Indrajaya dengan hasi 79,8% . Hal ini terbukti dengan uji validitas kolerasi product moment dengan ketentuan jika 0,7<r<0,1 yaitu memiliki korelasi yang sangat kuat dengan r =0,9 maka data instrument dinyatakan valid.Uji Reliabilitas  kuesioner  kinerja  guru  bimbingan  konseling  terhadap  pelaksanaan  program  dengan  kriteria penafsiran mengenai indeks korelasinya berdasarkan kategori koefesien Guilford yaitu realibel pada tarif0,800 –

1000.Maka intrumen penelitian ini dinyatakan realibel dengan r11 atau Alpha Cronbach yaitu SMA Negeri 1

Indrajaya hasil1,433333 dan SMA Negeri 2 Indrajaya 1,036701.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Fitri, I.A.D.,Hidayat,D.R., dan Hartati,S. (2019). Manajemen Program Bimbingan Konseling Sekolah Menegah Pertama. Consellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2),

-104.

Rahmadani, D. Herdi, H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 42-

Syah, I. (2020). Kinerja Guru Bimbingan

Konseling Islam di Sekolah. Jurnal

Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan

Konseling Islam, 2(1), 41-62.

Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pencerahan, 14(1), 39-61.

Putri, F. R. (2018). Pengaruh Supervisi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling SMA Negeri Se-Kota Jambi. Kinerja Guru BK, Supervisi BK.

Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja.

Kelola Jurnal : Journal Of Islamic

Education Management, 2(2.

Arianty, N. (2015). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 14(2).

Nasution, A. F. (2021). Analisi Asesmen Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Progaram BK Di Sekolah. Empati- Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

(2), 126-136.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling : Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia 4(2), 39-

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Layanan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah . Intelektualita 7 (01)

Hadi, S. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di SDLB Kota Bandung. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKO


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.