KINERJA GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN BERKOMUNIKASI ANAK BERKEBUTHAN KHUSUS DI SLB NEGERI PIDIE

Rauzanna Rauzanna, Bunyamin Bunyamin, Muqarramah Fitri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru bimbingan konseling dalam menangani anak berkebutuhan khusus dalam proses mengatasi kesulitan berkomunikasi, metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskripsi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam pelaksanaan proses konseling dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi siswa SLBN Pidie tidak mendapatkan hambatan dan kendala oleh guru, karena sebagian siswa sudah mampu berkomunikasi, walaupun masih ada siswa yang membutuhkan bimbingan dan pendampingan secara khusus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara keseluruhan, dapat disimpulkan kinerja guru BK dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi siswa  berkebutuhan khusus sudah sesuai dan dapat di kategorikan sangat baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Dewantara, Ki Hajar. Biografi Dan Tokoh Pendidikan. Yogyakarta: Garasi, 2018

Tohirin”Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah : berbasisintegrasi“.Terbitan: Jakarta : Raja GrafindoPersada, 2007.

Departemen “Pendidikan Nasional, Penataan Pendidikan Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal ,Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta , 2008, h. 215

Muhammad Nur Wangid , “Peran konselor Sekolah dalam Pendidikan Karakter”, Artikel dalam Cakrawala Pendidikan , UNY, Yogyakarta, mei 2010. h. 175

Arni, M.2005. “KomunikasiOrganisasi. Jakarta: BumiAksara.

Kanti, W.N, dan Sugiyono. 2014. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. 3(4): 61-67

Dharmayanti, P.A. 2013. Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 46 (3): 256-265

Prayitno, E.A. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Jakarta, Rineka Cipta, 2009.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alf

Yusuf S. & Nurihsan A. J., 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Tentang Wajib Belajar. Rusty Publisher: Bandung.

Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkeutuhan Khusus-Autistik. Bandung: Alfabeta.

Majir, Abdul. 2013. Pendidikan Inklusif Teori dan Praktik. Jakarta: Cipta Restu Fellynda

Nana Sudjana dan R. Ibrahim. 2004. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2008. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Bahan Ajar). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan asional

Takdir, Mohamad Ilahi. 2013. Pendidikan Inklusif: Teori dan Praktek. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Trianto, 2010. Pengantar Peneitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.