PENGARUH FAKTOR FINANCIAL LEVERAGE DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017

Ramzijah, Nurmazatillah

Abstrak


Underpricing telah menjadi fenomena tersendiri pada saat perusahaan melakukan IPO. Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga penawaran di pasar perdana lebih rendah dibandingkan harga penutupan di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor financial leverage dan ROE yang mempengaruhi tingkat underpricing harga saham perusahaan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu financial leverage, dan Return on Equity (ROE). Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi berganda dan penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 dari 91 perusahaan yang IPO di BEI dari tahun 2014-2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara silmutan seluruh variabel independen yaitu financial leverage, dan ROE berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,032 terhadap underpricing. Sedangkan secara parsial hanya variabel independen financial leverage dengan nilai signifikan 0,026 yang berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing namun variabel independen lainnya yaitu ROE berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap underpricing.

 

Kata Kunci :  Financial Leverage, dan Return on Equity (ROE). Initial Public Offering (IPO), Underpricing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustian, Rendi.(2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Paper. Manajemen Perbanas Instutute, Jakarta.

Ajeng .(2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Paper. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro.

Alfianti, Dinda.(2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Paper. Prodi Administrasi Bisnis FISIP-UPNV Jawa Timur

Andreas.(2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Anisa, Yuni. (2015). Analisis Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.(JAB) Vol.46 No.1: 1-10.

Aini, Shoviyah Nur (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan IPO di BEI periode 2007-2011. Universitas Negeri Surabaya, Jurusan Manajemen. Vol 1 Nomor 1 Januari 2013

Ayuk, Siti dyah. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saat Initial Public Offering Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014. Paper. Fakultas Ekonomi dan bisnis di Universits Muhammadiyah Surakarta.

Bertilia, 2015. Pengaruh Finacial Levarage terhadap Return on Equty (ROE) dan earning per share (EPS) pada sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia. Universitas ghuna dharma benefit jurnal manajemen dan bisnis volume 19,no 1 juni 2015 hal 53-63.

Elizer, kurnia. (2015). Pengaruh Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, dan Persentase Free Float Terhadap Tingkat Underpricing Pada Initial Public Offering Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Diponegoro Journal of Accounting Vol.6 No.2:1-9 ISSN : 2337-3806.

Fauziah, Karina. (2012). Pengaruh Dividend per Share, Return on Asset, dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham. Paper. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Fayahaqi, Jauhar. (2015). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Return on Equity Earning Per Share pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi Yang Listed di BEI Fakultas Ekonomi Universitas Jember Vol.9.No.1:94-107.

Humaira, Enika. (2011). Pengaruh Profitabilitas, Price Earning Ratio, dan Financial Leverage Terhadap Underpricing. Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Hapsari,V Anitya dan Mhfud,M.kholiq.(2012). Analisis faktor-faktor undrpriving saham pada penawaran saham perdana di BEI periode 2008-2010. Nomor 1 tahun 2012, halaman 1-9.

Hamid, Abdul. (2011). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) pada Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Gunadarma Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 19 No.1: 53-63.

Indita. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing ketika Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Paper. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Irawati, J., & Rendi A.(2013). Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Perusahaan Yang Melakukan Intial Public Offering di BEI. Jurnal ilmiah widya, Volume 1, Nomor 1, 52-59.

Kurniawati, Dini. (2013). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Profitabilitas ( Studi pada Perusahaan Industri Kimia Yang Listing di BEI) Fakultas lmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang (JAB) Vol 1 No.1

Kadek, (2016). Pengaruh ROE dan Earning Per Share (EPS) terhadap Underpricing pada saham perdana di BEI. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Ejournal jurusan pendidikan ekonomi, Volume: 10 No:2 tahun 2017.

Marlina. (2013). Pengaruh Financial Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Manajemen. Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Maskuri, Ali. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Jurusan Akuntansi. Paper. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pandanaran Semarang.

Nandra. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Intial Return pada Penawaran Saham Perdana. Paper. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayan (UNUD) Bali.

Nurhasanah, Rahmalia. (2011). Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Jurnal Akuntansi. Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung

Pahlevi, Reza Widhar. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia Jurusan Manajemen Universitas Islam Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis Vol.18 No.2:219-232

Prajoto, Gatot. (2008). Analisis Leverage (Studi Kasus pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Yang Melakukan Akuisisi) Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura Vol 7. No.1:1-14.

Pri Hardianti,Devi. (2013). Hubungan antara Financial Leverage dengan Underpricing perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di BEI. Jurnal Akutansi. Paper. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Rizky, (2011). Pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Debt Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Fakultas Ilmu Administrasi Malang (JAB) Vol.2 No:128-137.

Situmorang, Et.al.(2010). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Cetakan pertama. Medan : USU press

Suskim. (2010). Analisis Kinerja Saham Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO). Paper. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung.

Syamsuddin, Lukman. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pegawasan, dan Pengambilan Keputusan Edisi baru Jakarta : Rajawali

Tambunan, Andy Porman. (2013). Analisis Saham Pasar Perdana (IPO) Gramedia : Jakarta

Tjiptono, Darmadji, (2011) Pasar modal di Indonesia, Jakarta, : Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v1i1.324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by:

desain-mirzaj
desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.