UJI EFEKTIFITAS PUPUK ORGANIK BERBAHAN BAKU LOKAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIFITAS BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (Arachis hipogea L)

Mawardiana, Baihaqi, Maulida

Abstrak


Kemampuan pupuk organik saat ini dipandang belum lebih cepat dibandingkan pupuk anorganik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pupuk organik berbahan baku lokal terhadap pertumbuhan dan produktifitas kacang tanah. Penelitian dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur pada Juni–Agustus 2019. Penelitian mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial jenis pupuk organik (P) yang terdiri tiga taraf  yaitu kompos jerami (P1), kompos kirinyu (P2),kompos lamtoro (P3). Faktor kedua Varietas yang terdiri tiga taraf yaitu Kelinci (V1), Gajah  (V2) dan Jerapah (V3). Peubah yang di amati tinggi tanaman, jumlah cabang, bobot polong per plot, hasil per hektar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pupuk organik dan varietas tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah cabang, namun berpengaruh sangat nyata terhadap bobot polong per plot dan hasil per hektar. Kompos jerami memberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompos kirinyu dan lamtoro mencapai selisih 1,83 ton. Hasil terbaik di jumpai pada Varietas Jerapah dibandingkan dengan Kelinci dan Gajah mencapai selisih 0,96 ton.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v1i1.306

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj 

 
Tools:

desain-mirzaj  desain-mirzaj desain-mirzaj 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id