ANALISIS DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA INDUSTRI SOCOLATTE DI BAROH MUSA KABUPATEN PIDIE JAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan pada Industri Socolatte di Baroh Musa Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2019 sampai dengan selesai. Sampel penelitian sebanyak 30 responden dari populasi keseluruhan yang membeli produk Socolatte di Baroh Musa Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner baik data primer maupun sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21, Hasil penelitian menunjukkan R Square sebesar 0.736 atau 73,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan variabel diferensiasi produk (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) memiliki kontribusi sebesar 73,6% dan sisanya sebesar26,4% dijelaskan oleh faktor lain yang ada di luar variabel bebas penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa Y = 0,023+0.928X. Koefisien regresi variabel Diferensiasi Produk (X) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan industri Socolatte dengan koefisien sebesar 0,928 dan nilai t hitung variabel diferensiasi produk sebesar 3.138 dengan nilai signifikasi .002 < 0,05. Hal ini berarti setiap peningkatan diferensiasi produk maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam membeli produk produk Socolatte.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.