PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK DONAT LATELA DI PT GETLATELA JAYATI GROUP KOTA BANDA ACEH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk donat latela di PT Getlatela Jayati Group Kota Banda Aceh, penelitian ini dilakukan pada bulan Februari saipai dengan Maret 2024. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dan tingkat capaian responden. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil Perhitungan Uji Regresi Linier Sederhana adalah Y = 26,412 + 0,778X dimana nilai konstanta (α = 26,412) artinya apabila semua nilai variabel bebas = 0 maka nilai variabel pembelian produk donat latela (Y) adalah sebesar 26,412 satuan dan koefisien persepsi konsumen (X = 0,778) menunjukkan bahwa setiap perubahan (kenaikan) pada persepsi konsumen sebesar 1 satuan maka pembelian produk donat Getlatela akan berubah (naik) sebesar 0,778 satuan. Hasil Uji Parsial menunjukkan bahwa nilai signifikansi persepsi konsumen terhadap produk donat getlatela adalah 0,000 < α 0,05 dan nilai t-hitung (7,266) > t-tabel (2,012) maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk donat Getlatela. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat capaian responden terhadap persepsi konsumen (X) berada pada rata-rata 4,18 dengan target capaian responden (TCR) 83,53%. Dengan demikian Rentang Scala TCR, variabel Persepsi Konsumen berkategori Baik dengan score 83,53%. Dan pada Tingkat capaian responden terhadap variable produk donat latela berada pada rata-rata 4,36 dengan target capaian responden (TCR) 87,20. Dengan demikian Skala TCR, variabel produk donat latela berkategori Sangat Baik dengan score 87,20%.
Kata kunci : Persepsi Konsumen, Produk Donat Latela.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina. 2014. Analisis Persepsi dan Loyalitas Konsumen Terhadap Roti Elna Bakery. Bukit Tinggi.
Arikunto. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.Suharyadi dan Purwanto. 2004. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Finda, M dan Suharti, M. 2015. Analisis Analisis Positioning Smartphone Berdasarkan Persepsi Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjana wiyata Tamansiswa, Jurnal Manajemen. Vol 5 No.1.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang
Hidayah, R., 2010. Manfaat dan Kandungan Gizi Labu Kuning (Waluh). Hhtp://www. Borneotribune.com [ 26 Mei 2010].
Kamsiati, E. 2010. Peluang Pengembangan Teknologi Pengolahan Keripik Buah dengan Menggunakan Penggoreng Vakum. Jurnal Litbang Pertanian. Vol 29 (2) : 73-77.
Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125.
Malau Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta. Bandung.
Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchtadi, Deddy. 2001. Sayuran Sebagai Sumber Serat Pangan untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Degeneratif. Dalam: JTIP XII (1) Juni. (61 - 71).
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2020. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi dan Purwanto. 2004. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2015. Edisi 3. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v3i1.2693
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id
