Srategi Pemasaran Kopi Arabika Produk Pertanian Lokal Guna Mendorong Perekonomian Masyarakat Di Gampong Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran kopi arabika guna mendorong perekonomian masyarakat di Gampong Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini dilakukan di Gampong Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, penelitian ini dilakukan pada Oktober 2023 sampai dengan Desember 2023. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua petani dan pedagang kopi yang ada di Gampong Wih Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan margin pemasaran. profit margin yang diterima petani sebesar Rp 16.000, margin untuk pegadang pengumpul sebesar Rp 2.000, margin yang diperoleh pedagang pengecer sebesar 5.000, keuntungan yang paling besar di terima oleh pedagang pengecer yaitu 5.000 karena mengeluarkan biaya pemasaran lebih sedikit dan menjual harga yang lebih tinggi sehingga keuntungan lebih besar. Harga yang diterima petani yaitu sebesar 34,78%, harga jual kopi dari petani sebesar Rp 16.000 per kilo, share yang di peroleh sebesar 34,78%. Sedangkan share pedagang pengumpul sebesar 4,35%, dan share pedagang pengecer sebesar 10,87%, sedangkan harga beli pelanggan sebesar 23.000 perkilo, sehingga bagian yang diterima petani hanya 34,78%, sedangkan 15,22% di peroleh oleh pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Dari semua lembaga pemasaran tersebut, yang paling tinggi rasio keuntungan dan biayanya ada pada tingkat petani yaitu sebesar 69,57 %, dan rasio keuntungan biaya yang paling rendah adalah pada tingkat pedagang pengumpul yaitu sebesar 8,70 %.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kopi Arabika, Profit Margin.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, Nana Hardiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV. Pustaka.
Alamsyah, A. F 2021. Stategi Pemasaran Kopi Raja Luwak dalam Meningkatkan Penjualan di Lampung Barat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.
Angipora, M. P. 2015. Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Arifin Noor, Ilmu Sosial Dasar Untuk IAIN semua Fakultas dan Jurusan Komponen MKU, (Bandung : CV Pustaka Setia, 2010), Putra , Ekonomi Islam-Perspektif Teori, Sistem dan Aspek Hukum (Surabaya : Media Nusantara, 2009).
Atmoko, T. P. H. 2018. "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta". Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 83–96).
Bahar, A. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang. Jurnal Organisasi dan Manajemen,17(3),14-17.
Beni Ahmad Saebani. 2012. Pengantar Antropologi.Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto, 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.
David, F. R. 2009. Manajemen Strategi : Konsep-konsep. Jakarta: Indeks
Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.
James Hoffmann. 2014. The World Atlas of Coffee “From Beans to Brewing”-Coffees Explored, Explained and Enjoyed”. Inggris. Firefly Books. 2014.
Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Laksana, Fajar. 2018. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Graha Ilmu
Lestari, Ova. (2016). Analisis Usahatani dan Efisiensi Pemasaran Kopi (Coffea sp.) di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus.
Marlina, Lina. “Peranan Kopi Rakyat Terhadap Perekonomian Wilayah Kabupaten Lampung Barat”. (Jurnal Agribisnis, Vol. 5 No. 3, Agustus 2017)
Megi, Tindangen, Daisy S.M Engka. 2020. “Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga”, Jurnal: Berkala Ilmiah Efesiensi, Vol. 20 No. 03.
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Peter, J Paul dan Olson, J.C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi: Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.
Reni, 2012. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian).
Ridwan dan Sunarto, 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Riyono 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal Vol 8, No. 2 Edisi Juni (ISSN: 2252-826). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Semarang.
Rusdi, M. 2019. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2),
Suriati, L. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Kahayya (Studi Kasus di Koperasi Mitra Mandiri Kahayya, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sudjana, Nana. 2020. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v2i2.2659
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id
