PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DI GAMPONG RABO KECAMATAN TIRO TRUSEB KABUPATEN PIDIE

Ismi nazar, Hamdani Hamdani, Julia Julia

Abstrak


Penyuluh di Gampong Rabo Kecamatan Tiro Truseb Kabupaten Pidie, bisa dikatakan berperan aktif dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyuluh. Hal ini ditandai dengan banyaknya kegiatan penyuluh yang sangat membantu kinerja kelompok tani diantaranya, diskusi, terdapatnya komunikasi informasi timbal balik antara penyuluh dan kelompok tani dan juga memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk. Disamping itu penyuluh juga mampu memberikan informasi tentang pemasaran hasil produk pertanian sekaligus mendorong kelompok tani dalam berusaha tani yang baik. Akhirnya disimpulkan dengan judul: “Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani di Gampong Rabo Kecamatan Tiro Truseb Kabupaten  Pidie”. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah kelompok tani yang ada di Gampong Rabo Kecamatan Tiro Truseb Kabupaten  Pidie sebanyak 115 orang. Sampel yang diambil dari penelitian ini 15% dari jumlah populasi yaitu 17 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif menggunakan analisis tendensi sentral, yaitu rata- rata distribusi frekuensi. Peranan Penyuluh Pertanian dalam Peningkatan Kinerja Kelompok Tani sebagai Pebimbing dengan nilai 2,44 yang masuk dalam kategori Tinggi. Hal ini di sebabkan bahwa peranan penyuluh Pertanian sangat berperan dalam menyampaikan aspirasi untuk kelompok tani dan masyarakat, serta membawa inovasi baru hasil penelitian. Penyuluh pertanian di Gampong Rabo memegang peran penting dalam pengembangan kelompok tani. Mereka bertindak sebagai organisator atau pengelola yang membantu dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan memajukan sektor pertanian memiliki nilai 2,55 dan memiliki kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa petani sudah termotivasi bertani dengan adanya program penyuluhan karena pada saat kegiatan penyuluhan di balai desa, kelompok tani sangat antusias datang mengikuti kegiatan penyuluhan pertanian. Peranan penyuluh pertanian dalam mengembangkan kelompok tani dan penyuluh telah menjalankan tugas sebagai teknisi untuk program penyuluhan menerangkan bahwa peran penyuluh pertanian sebagai teknisi di kategorikan tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 2,62 dikarenakan penyuluh pertanian sangat baik dalam menerapkan praktek lapang terhadap kelompok tani dan petani, terutama dalam pengelolahan usahataninya..

Kata kunci : Peranan Penyuluh Pertanian, Pengembangan Kelompok Tani


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hariadi, S. S. 2011. Dinamika. Kelompok tani Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Iwamoto 2008, Subejo 2010, Kategori Penyuluh pertanian, Http://www.acm. Jepang

Kartasapoetra, A. G. 1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Mardikanto, Totok. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. UNS Press. Surakarta.

Mubyarto. 1998. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi III – Jakarta : LP3ES. Mushero,

Sastraatmadja, Entang. 1993. Penyuluhan Pertanian: Falsafah, Masalah dan Strategi. Penerbit Alumni. Bandung.

Setiana, Lucie. 2005. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiono, H B. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Suhardiyono, L. 1992. Penyuluhan : Petunjuk Bagi Penyuluh Pertanian. Erlangga Jakarta.

Sukartawi. 1996. Pembangunan Pertanian Untuk Mengatasi Kemiskinan. Universitas Indonesia ( UI Press ).

Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. UNS Press. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v2i1.2241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj 

 
Tools:

desain-mirzaj  desain-mirzaj desain-mirzaj 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id