PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DI GAMPONG TURUE CUT KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE

lukmanul hakim, Junaidi Junaidi, Ibnu yasier

Abstrak


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap pemberdayaan  kelompok tani di gampong Turue Cut Kecamatan Mane Kabupaten Pidie. Masalah yang sering di hadapi oleh kelompok tani  adalah faktor alam yang tidak menentu dan pengairan yang tidak stabil karena para petani hanya mengharapkan air hujan saja. Hal ini disebabkan karena belum ada bantuan pengarain, belum adanya mesin untuk menanam padi, kurangnya alat bantu perontok. Maka dari itu sangat di perlukannya peran penyuluh pertanian untuk mendampingi petani agar ada yang membantu dan memfasilitasi petani untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dari permasalahan diatas, perlu dilakukan penelitian mengenai peran penyuluh pertanian terhadap pemberdayaan  kelompok tani di gampong Turue Cut Kecamatan Mane Kabupaten Pidie. Penelitian ini mengambil responden sebanyak 42 orang yang terdiri dari kelompok tani Gampong Turue Cut. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana. Peran penyuluh sebagai motivator mendapatkan skor tertinggi dari jawaban responden yaitu nilai rata-rata sebesar 2,78. Peran penyuluh sebagai edukator yaitu kemampuan penyuluh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani mendapatkan skor tertinggi yaitu nilai rata-rata sebesar 2,95. peran penyuluh sebagai fasilitator dengan membantu petani dalam berbagai kendala usahatani mendapatkan skor tertinggi dari jawaban responden yaitu nilai rrata-rata sebesar 2,95. Dari hasil penelitian di peroleh nilai melalui hasil analisis regresi pada tabel Koefisien menyatakan bahwa sig 0.000 < 0.05 dimana nilai signifikan lebih besar dari nilai standart eror yang telah di tentukan, itu artinya bahwa peran penyuluh pertanian sebagai motivator, edukator, dan fasilitator pada Kelompok Tani Turue Cut mempengaruhi secara signifikan terhadap keberdayaan Kelompok Tani.

Keywords: Role of Agricultural Extension, Development, Farmer Groups

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Berlian Mery. 2011. Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung. Refika Aditama.

Erwadi, 2012. Peran penyuluh pertanian dalam mengaktifkan kelompok tani di Kecamatan Lubuk Alung. Jurnal. Fisip. Unmul.

Kartasapoetra. 2019. Revitalisasi Penyuluhan Pertanian. Jakarta Pusbangluhtan, Badan PSDMP, Departemen Pertanian.Sudarwanto M. 2012. Pemeriksaan Susu dan Produk Olahannya. Buku Pegangan. Bogor (ID). IPB Pr.

M. Inten, Rosnita, Arifudin. 2017. Peranan penyuluh pertanian dalam peningkatan pendapatan petani komoditas padi di Kecamatan Tanjungselor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Jurnal. Fisip. Unmul.

Mardikanto, T. 2017. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v2i1.2239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj 

 
Tools:

desain-mirzaj  desain-mirzaj desain-mirzaj 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id