KORELASI SERTIFIKASI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Penelitian di SMA Negeri 2 Sigli)

Zakaria H.M. Yusuf, Sayed Fakhrul Arifin

Abstract


Penelitian dengan judul “Korelasi Sertifikasi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Penelitian di SMA Negeri 2 Sigli)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sigli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Sigli. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan secara acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan dalam instrument pada penelitian ini akan menggunakan skala Likert dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji (r) untuk melihat pengaruh variabel x terhadap variabel y dan uji t untuk melihat signifikansi antara variable x dan y. berdasarkan perbandingan antara r hitung dengan r table pada tabel nilai-nilai product moment diperoleh hasil bahwa r hitung > dari r tabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,799>0,361 dan nilai  t hitung > dari t tabel yaitu 6,852>1,701. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) yang diajukan diterima , dengan demikian terlihat terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Sigli. Artinya jika sertifikasi guru pada mata pelajaran ekonomi layak dalam proses pembelajaran, maka hal ini akan berpengaruh positif pada peningkatan prestasi belajar secara signifikan. Sebaliknya semakin buruk kinerja seorang guru maka semakin pula prestasi belajar yang diraih siswa.

Kata Kunci : Sertifikasi Guru, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.h.35.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Rineka Cipta.H.69.

A.M. Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT.Rajagrafindo.h.22

Asmara. (2018). Prestasi Belajar. Bandung: Wacana Prima.h.11.

AH. Sanaky, Hujair. 2005, Sertifikasi Dan Profesionalisme Guru Di Era Reformasi Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah. H. 25.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. H 174-182.

Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. H 97. Hamalik (2010). Proses belajar mengajar : Jakarta PT Bumi Aksara.h 26.

Iffah Musrsyidah Hanum.(2015). Kinerja guru lulus sertifikasi lulus sertifikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Skripsi.H.38.

Marselus R. Payong, M.Pd.(2017). Sertifikasi Profesi Guru, Kembangan- Jakarta Barat: PT. Indeks Jakarta. H,76-85.

Muchlas Samani, dkk (2015). Mengenal Sertifikasi guru di Indonesia. SIC dan Assosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia.h. 27.

Muslich, Masnur. 2015. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. H 12.

Nana Sudjana (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.h.28.

Nur Zulaekha, (2017). Panduan Sukses Lulus Sertifikasi Guru. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.h.17.

Risnawita (2018) Gaya Belajar: Suatu Kajian Teoritik Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.h.9.

Rustad, Dkk (2016). Buku 2 petunjuk teknis pelaksanaan sertifikasi guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. H,12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.