DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MTsS SERAMBI MEKKAH KABUPATEN ACEH BARAT PROVINSI ACEH

Rahimi Rahimi

Abstract


This research is a type of field research with a qualitative research method approach, with data collection techniques taken by questionnaires, interviews and documentation and using qualitative descriptive analysis techniques. From the research, it can be concluded that the learning process is carried out at MTsS Serambi Mekkah the SKI learning process at MTsS Serambi Mekkah during the Covid-19 pandemic is carried out online, with applications used through the WA group, google classroom and also via e-mail. The impact of Covid-19 for students who have to carry out online learning, for students who live far away in remote areas/villages will be constrained in the network and for students who do not have cellphones, they cannot take part online. Furthermore, the impact on teachers must also be to prepare all online needs such as cellphones, packages and also prepare learning materials with an online system. The impact on parents is also felt for the lower economic class who are forced to prepare online learning media such as cellphones and tablets.

 

Keywords: Covid 19, Online Learning

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang ditempuh dengan angket, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik deskriptif kualitatif analisis. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dilakukan di MTsS Serambi Mekkah proses pembelajaran SKI di MTsS Serambi Mekkah selama masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan cara daring, dengan aplikasi yang digunakan melalui group WA, google classroom dan juga melalui e-mail. Dampak Covid-19 bagi siswa dimana harus melaksanakan pembelajaran daring, bagi siswa yang tinggalnya jauh dipelosok/desa-desa maka akan terkendala di jaringan dan bagi siswa yang tidak memiliki HP maka tidak bisa mengikuti daring tersebut. Selanjutnya dampak bagi guru juga harus menyiapkan segala kebutuhan daring seperti hp, paket dan juga menyiapkan materi pembelajaran dengan sistem daring. Dampak bagi orang tua juga dirasakan bagi golongan ekonomi ke bawah dimana dalam kondisi terpaksa harus menyiapkan media belajar online seperti HP dan tablet.


References


Abubakar, Isti’anah, Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Madrasah Tsanawiyah, Jurnal: Madrasah, Vol. 4 No. 2, Januari-Juni 2012.

Aji Fatma Dewi, Wahyu, Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pemebelajaran Daring Di Sekolah Dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.2, Nomor.1, 2020.

Anies, Covid-19: Seluk Beluk Corona Virus, Jogyakarta: Arruzz Media, 2020.

Arifin Ahmad, Zainal, Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi, Depok: Pedagogia, 2012.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Atman Maulana, Hutomo dan Muhammad Hamidi, Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, Vol. VIII. Issu 2. Juni-Desember 2020.

Fauzi Abbas, Afifi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Fakultas Syari’ah dan Hukum, 2005.

Firman dan Sari Rahayu Rahman, Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020.

Handayani, Diah, et.all, Penyakit Virus Corona 2019, Jurnal Respirologi Indonesia, Vol. 40 No. 2 April 2020.

Hilmy Zhafira, Nabila, dkk, Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, Volume 4 Nomor 1, 2020.

Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isus-Isus Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Ika Handarin, Oktafia, Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020.

Isjoni, Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta, 2016.

J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Kemeterian Agama RI, Buku Guru Sejarah dan Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah Jakarta: Sekretaris Jenderal Pendidikan Madrasah RI, 2014.

Kompas, Panduan 5 Tahap Proses Belajar di rumah untuk Sekolah dan Orang tua, diakses dari wibesite http:kompas.com, Tanggal 20 April 2021.

Luthfie Al Anshory, Muhtar, dkk, Problematika Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Yapi Pakem, Jurnal Penelitian Keislaman Vol.16 No.1, 2020.

Luthfie Al Anshory, Muhtar, dkk, Problematika Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Yapi Pakem, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol.16 No.1, 2020.

Malyana, Andasia, Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung, Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 2, No. 1, 2020.

Mutia, Intan dan Leornard, Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Jurnal: Faktor Exacta, Vol. 6, No. 4, 2013.

Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Nurhayati, Metode Pembelajaran Daring/Daring Yang Efektif, Artikel Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Nurul Arifa, Fieka, Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19, Info singkat: Jurnal Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, Vol. XII, No. 7, 2020.

Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang, Belajar dan Pembelajaran, Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2 Desember 2017.

Rahman, Taufik, Pembelajaran Daring di Era Covid-19, Artikel Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Sadikin, Ali Dan Afreni Hamidah, Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19, BIODI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 6, Nomor 2, Tahun 2020.

Sadikin, Ali, dkk, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19, Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Sari, Pusvyta, Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning, Jurnal Ummul Qura, Vol VI, No 2, September 2015.

Sudjono, Anas, Pengantar StatistikPendidikan, Jakarta: Rajawali, 1987.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Surat Edaran Kemenag Nomor 1673 tahun 2020 Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 bagi satuan Pendidikan Madrasah, Pesantren, Pendidikan Keagamaan Islam dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Susilo, Adityo, et.all, Tinjauan Pustaka: Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 7, No. 1, Maret 2020.

Syah Aji, Rizqon Halal, Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pemmbelajaran, Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 7, No. 5.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Taufik dan Eka Avianti Ayunigtyas, Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Plasform Online, Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol.22, No.01, 2020.

Toheri, dkk, Pedoman Pembelajaran Daring, Cirebon: Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Cirebon, 2020.

Usman, Husaini, Metode Penelitian Social, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Yulianto, Dian, New Normal Covid-19: Panduan Menjalani Tatanan Hidup Baru di Masa Pandemi, Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.