HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KESEGARAN JASMANI DENGAN KETERAMPILAN TEHNIK BERMAIN BOLAVOLI (Penelitian Pada Klub Bolavoli SMA Negeri 1 Indra Jaya )

Muhammad, Muhammad

Abstract


Kesegaran jasmani dan keterampilan gerakan pada permainan bolavoli merupakan modal yang paling utama dan harus dikuasai oleh seorang pemain.  Kelincahan merupakan faktor pendukung dalam melakukan service, passing, smash maupun blocking sehingga mampu menerapkan permainan yang lebih baik.

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kesegaran jasmani dengan keterampilan bermain bolavoli, yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu seluruh anggota klub Bolavoli SMA Negeri 1 Indrajaya yang berjumlah 12 orang pemain.  Sedangkan teknik pengambilan sampel melalui proporsional sampling yaitu dengan mengkatagorikan pemain inti dan pemain cadangan.  Jumlah sampel keseluruhan pemain inti klub bolavoli SMA Negeri 1 Indrajaya berjumlah 12 orang pemain.Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengukuran terhadap 12 orang yang telah dinyatakan sebagai sampel yaitu dengan melibatkan langsung untuk menyelesaikan tes kesegaran jasmani dan tes keterampilan bermain bolavoli. Hasil dicapai menunjukkan bahwa r-tes ( t=1,845 ) sedangkan r - ? (t=0,632), berarti (1,845 > 0,632).  Dengan demikian hipotesis nol yang berbunyi tidak ada hubungan antara kelincahan dengan keterampilan bermain bolavoli (Ho) ditolak.  Tegasnya berdasarkan dengan bukti-bukti yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa kesegaran jasmani dengan keterampilan bermain bolavoli terdapat hubungan yang significan.


References


Abdullah, Arma. (1995). Olahraga Untuk Pelatih, Pembina dan Penggemar. Jakarta : Sastra Hudaya

Amari. (1993). Tes dan Pengukuran Dalam Bidang Olahraga. Surabaya : Toko Makmur.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Syiah Kuala. (1985). Pedoman Akademik Buku II Pedoman Penulisan Skripsi dan Resensi Buku. Darussalam Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Hadi, Sutrisno. (1986). Statistik 2. Jokyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Univertas Gajah Mada.

Hasnan, Said (1987). Tes Keterampilan Bermain Bolavoli. Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi, Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Jakarta.

Noer, A. Hamidsyah. (1993). Kepelatihan Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Robinson Bonie. (1984). Bolavoli Bimbingan Petunjuk dan Teknik Bermain. Dhahara Prize, Jakarta.

Soekirman, R. (1992). Dasar Olahraga Untuk Pembina Pelatih dan Penggemar. Jakarta : PT. Midas Surya Grafindo.

Sudjana, (1986). Metode Statistik. Edisi keempat, Penerbit : Tarsito Bandung.

Suharno, HP, (1991) Metodik Melatih Permainan Bolavoli. IKIP, Jakarta.

Surakhmad, Winarno. (1986). Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta : Sastra Hudaya.

Theo Klein Mann, (1984). Bolavoli Pembinaan Teknik, Taktik dan Kondisi. Dicetak Oleh : Percetakan PT. Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.