Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation Plus di SMP Negeri 2 Sigli

Rahmi Agustina

Abstract


Penelitian tindakan kelas  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam mempelajari IPA terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, dengan manfaat untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan mata pelajaran IPA dan menjadi referensi bagi penelitian berikutnya.  Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus selama kurun waktu tiga bulan pada SMP Negeri 2 Sigli dengan Subjek penelitian peserta didik kelas VII-A. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrument tes, lembar observasi, dan angket peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengukur hasil belajar peserta didik pada setiap pertemuan serta pengamatan yang dilakukan oleh observer terhadap pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Validasi data dilakukan dengan menverifikasi tes hasil belajar peserta didik secara kuantitatif yang dimasukkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan belajar peserta didik, nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah. Prosedur penelitian dilakukan dengan pelaksanaan siklus atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan peningkatan dengan rincian ketuntasan pada pembelajaran satu mencapai 37,5%, dan pembelajaran kedua siklus I ketuntasannnya 59,4%  dengan  rata-rata ketuntasannya  37,5%.  Pada siklus II ketuntasan belajar pada pertemuan satu    56,3% , ketuntasan belajar pada pertemuan kedua 87,4%., dengan  rata-rata ketuntasan pada siklus II adalah 56,3%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi hasil belajar maupun keaktifan peserta didik. 

 

Kata Kunci: Group Investigation,  card sort dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry Di Man 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105.

Arikunto, Suharsimi dkk (2008) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Arinda, Y., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Application Group Investigation (GI) Learning Model assisted Phet to Facilitate Student Scientific Work Skills. International Journal of Educational Research Review, 254–261. https://doi.org/10.24331/ijere.518069

Ekayani, D. P., Suandi, N., & Putrayasa, I. B. (2014). Pengaruh penerapan model group investigasi melalui Diskusi dan Prediction Guide Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta didik Kelas X SMK Kesehatan PGRI Denpasar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 1–8.

Fadeh (2009). Cara Termudah Membuat Media Pembelajaran. Jakarta : Pustaka

Fatah (2008). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Hamalik (2008). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hanafiah, Suhana, (2010). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Menggo, S., Katolik, U., Santu, I., & Ruteng, P. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA ABAD 21 Oleh Dr. Sebastianus Menggo , M . Pd . GUT , Lt . 5 , FKIP , Unika Santu Paulus Ruteng. May.

Mulyadinata, I. P. L., Wiyasa, I. K. N., & Suniasih, N. W. (2020). Peran Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 102. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27182

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Peserta didik. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4471

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104 https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rasyid, A., Sugandi, M. K., & Nahdi, D. S. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINERING MATHEMATI (STEM) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains (pp. 1-10).

Rasyid, A., Hardyanto, W., Ridlo, S., & Parmin, P. (2022, October). Developing Students' Worksheet- Based Science, Technology, Engineering, and Mathematics Assisted by Augmented Reality to Improve Creative Thinking. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 8, pp. 568-575).

Siberman (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahruddin (2008) Model Pembelajaran Think Pair Share. www.sriudin.com. Diunduh tanggal 23 Februari 2012.

Siti Maesarah (2005). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin (1995). Metode dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bina aksara.

Tambunan, P. (2020). Pelajaran Keterampilan Bebicara Di Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12, 11.

Telaumbanua, A., Dakhi, O., & ... (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu. Edumaspul: Jurnal …, 5(2). https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2558%0Ahttps://ummaspul.e- journal.id/maspuljr/article/download/2558/783

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Trianto (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Wahyuni, N. L. P. ., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959

Widiawati, S., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.459

Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3(No. 1), 5. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708/572

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700.

Zain (2004) Teori Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.