PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANG TIJI
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh metode Mind mapping terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode Mind mapping terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan metode Mind mapping pada mata pelajaran sejarah terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif Desakriptif, untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes, tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman belajar sejarah siswa, hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pemahaman belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan metode Mind mapping lebih baik dari pada pemahaman belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. metode Mind mapping berpengaruh terhadap pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji, berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh harga thitung = 3.047 sedangkan ttabel = 2.100, sehingga Ha dapat diterima, yaitu pengaruh motode Mind mapping dapat meningkatkan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji. berdasarkan hasil penelitian ada banyak faktor yang menjadi kendala dalam penerapan metode Mind mapping pada mata pelajaran sejarah terhadap peningkatan pemahaman belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Padang Tiji, diantaranya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap metode Mind mapping, kurangnya pemahaman siswa dalama memahamai materi pembelajaran sejarah, siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sejarah, sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang kurang memadai, dan alokasi waktu yang pembelajaran yang kurang.
Kata kunci : Metode Mind mapping, Pelajaran Sejarah, Pemahaman Belajar Sejarah, SMAN 1 Padang Tiji.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586.
Agustin, E., Hayati, R. M., & Aisyah, N. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesehatan. Musamus Journal Of Primary Education, 001–012.
Fauziah, D. N. (2017). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 128–138.
Fauziyah, N. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Man 2 Model Banjarmasin.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32.
Hidayat, A., & Hidayat, F. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Pembelajaran Sejarah Di Sma Tadika Pertiwi Kota Depok. 4(2), 10.
Permendikbud, Nomor 7. (2022). Tujuan Pemebelajaran Sejarah.Kementrian Pendidikan
Putra, Z. Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Mitigasi Bencana Alam Siswa Kelas Xi Ips Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri. 126.
Rizki Sanjaya-Fitk.Pdf. (2018.). Pengaruh dan pelaksanaan mind mapping terhadap kreativitas siswa.semarang,
Sari, E. N., Ridlo, S., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Sma.
Sulichah, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 5(2), 71.
Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10
Refbacks
- There are currently no refbacks.