Penggunaan Model Pembelajaran Aplikasi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Sigli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024 pada Materi Pengolahan Kata

Rusli Rusli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah dengan menggunakan model pembelajaran aplikasi perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vii di smpn 2 sigli tahun pelajaran 2023/2024 pada materi pengolah kata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Subyek penelitian adalah peserta didika kelas VII SMPN 2 Sigli Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi idengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada setiap siklus. Dengan penerapan model pembelajaran Aplikasi Perkantoran pada materi Pengolah Kata pada siswa kelas VII SMPN 2 Sigli Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 pada akhir siklus I diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 59,28 menjadi 65,53 dan meningkat lagi pada siklus ke II 72,14. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik ada peningkatan dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 8 peserta didik menjadi 15 peserta didik pada siklus I dan meningkat menjadi 21 peserta didik pada akhir siklus II. Dengan demikian terlihat bahwa peserta didik kelas VII SMPN2 Sigli mengalami peningkatan hasil belajar pada materi Pengolah Kata.

References


Arikunto, Suharsini, 1991. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta

Amiruddin,2012. Materi Diklat PTK dan PTS. LPMP Banda Aceh

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar . Jakarta. Depdiknas

BNSP , 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajardi SMP . Jakarta. Depdiknas.

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB

Dahar, RW. 1998. Teori – teori Belajar. Jakarta. Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono, 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press

Halimah, H., Iqbal, M., & Rahyuni, R. (2023). SISTEM PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PADA SATUAN PENDIDIKAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 557-564.

Kemendikbud, 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Banda Aceh

Kemendikbud, 2013. Buku Guru Seni Budaya. Jakarta

Kemendikbud, 2013. Seni Budaya kelas VII. Jakarta

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.