Abstract
Salah satu faktor penyebab tidak berfungsi Lab. Fisika dan IPA guru belum maksimal menggunakan alat-alat Lab, untuk pembuktian pemahaman konsep, sementara permasalahan yang lain adalah sekolah tidak ada laboratorium atau fasilitas laboratorium tidak memadai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penelitian ini akan diperkenalkan teknik pelaksanaan praktikum secara online yang dikenal dengan laboratorium virtual atau Lab.Virtual. Lab.Virtual akan sangat membantu akan memberi solusi dari permasalahan tersebut, dan momen yang tepat untuk menyokong pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CoCoAER melalui Kolaborasi Virtual Lab untuk meningkatkan pemahaman kosep materi kemagnetan dalam pembelajaran guru SMP dan SMA di Kota Sabang. Hasil penelitian diperoleh rerata skor pengetahuan awal sebelum 2,83 dan sesudah 93,00. Dengan demikian melalui uji statistic paired sampe t test diperoleh bahwa model pembelajaran CoCoAER berbeda nyata yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CoCoAER pada materi IPA tingkat SMP dan materi fisika, kimia, serta biologi di tingkat SMA di Kota Sabang. Kesimpulan dari penelitian yang bahwa 96,43% guru semakin yakin bahwa melalui virtual kolaborasi lab akan sangat bermanfaat di kemudian hari dan 92,86% peserta yakin model CoCoAER ini akan sangat mudah digunakan dan diterapkan di sekolahnya masing-masing.
References
Moreno, R. 2010. Educational Psichology. New Mecico. John Wiley & Sons, Inc.
Result at Senior High Schools in Banda Aceh”. Unnes Science Education Journal. 7(2):164.
Sadia, W. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Slavin, R. E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ula, Sidratil. Safitri, Rini. Saminan. 2018. “The Analysis of Laboratory Use Toward Physics Learning Result at Senior High Schools in Banda Aceh”. Unnes Science Education Journal. 7(2):164.
Zainuddin, Jatmiko, B. & Ibrahim, M. (2016). Pemahaman konsep arus listrik SMA Negeri Kota Madya Banda Aceh, preliminary Disertasi. UNESA.
Zainuddin. 2018. “Model pembelajaran CoCoAER Untuk Mencegah Timbulnya Potensi Miskonsepsi/Miskonsepsi (PMK/MK) Siswa SMA”. Disertasi. Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.