Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Menulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pucok Lupu melalui Model Coperative Learning Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024

Siti Maryam

Abstract


Penelitian ini merupakan PTK dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis melalui penerapan model cooperatif learning. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal yang mengandung indikator kemampuan menulis. Kemudian menentukan persentase ketuntasan klasikal. Pada tahapan selanjutnya dilakukan rencana perbaikan untuk siklus pertama. Pada siklus kedua hal yang serupa juga diterapkan hingga siklus selesai. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis siswa melalui model cooperatif learning.


References


Iqbal, M. (2023). MENINGKATKAN KINERJA KEPALA MADRASAH Kemampuan, Kinerja, dan Prestasi Kerja. Mafy Media Literasi Indonesia.

Iqbal, M., Safwan, S., & Ali, M. (2023). Epistemology Of Islamic Education Thought According to Mohammed Abed Al-Jabri. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 369-374.

Mulyati, Yeti dkk. 1998. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Sabarti, Akhdias dkk. 1997. Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Sudjiman, Panuti dan Dendi Sugono, 1994. Petunjuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Kelompok 24 Pengajar Bahasa Indonesia.

Suriamiharja dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas.

Trimansyah, Bambang dkk. 1999. Belajar Bahasa Indonesia SLTP Kelas 3 Jakarta: PT. Mapan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.