HUBUNGAN KELENTUKAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH DALAM BERMAIN BULUTANGKIS DI GAMPONG MEUNASAH PEUKAN KECAMATAN KOTA SIGLI

Indah Lestari, Jafaruddin Jafaruddin, Muhammad Aqil Siraj

Abstract


Penelitian ini berjudul “Hubungan Kelentukan dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Bermain Bulutangkis Di Gor Baro Raya Kecamatan Kota Sigli “. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah hubungan antara kelentukan, kelincahan terhadap kemampuan smash dalam bermain bulutangkis di Gor Baro Raya Kecamatan Kota Sigli. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelentukan dan kelincahan terhadap kemampuan smash dalam permainan bulutangkis di Gor Baro Raya Kecamatan Kota Sigli. Populasi pada penelitian ini adalah 10 Klub yang berada di Gor Baro Raya Sigli Kecamatan Kota Sigli. Sedangkan sampel diambil 50% dari seluruh Tim di Gor Baro Raya Kecamatan Kota Sigli ( total sampel ) 5 tim. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengukuran terhadap 5 tim  yang telah dinyatakan sebagai sampel yaitu dengan melibatkan langsung untuk menyelesaikan tes Kelentukan, tes kelincahan dan tes Kemampuan Smash. Dengan demikian  hipotensi yang berbunyi hubungan kelentuklan dan kelincahan  memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan smash dalam bermain bulutangkis diterima. Tegasnya berdasarkan dengan bukti-bukti yang telah dikumpulkan menunjukan hubungan kelentukan dan kelincahan terhadap kemampuan smash dalam bermain bulutangkis terdapat hubungan yang signifikat.


References


Arisman, Dkk. Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan Dan Power Otot Lengan-Bahu Dengan Hasil Akurasi Smash Bulutangkis Putra Pada Pb. Angkasa Pekanbaru. Journal Of Sport Education. Volume 1, Nomor 1. 2018.

Ahmad, Dkk. Hubungan Power Lengan Dan Kelincahan Dengan Pukulan Smash Bulutangkis Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Sma Negeri 2 Gerokgak Tahun 2017. Ejournal Jjpko Undiksha. Volume 08 Nomor 02. 2017.

Gustaman, Gusti Pramudeka. Hubungan Footwork, Kekuatan Otot Tungkai Dan Tinggi Lompatan Terhadap Kemampuan Smash Bulutangkis. Juara : Jurnal Olahraga 4 (1). 2019.

Kusnadi Nanang. Kontribusi Fleksibilitas Pergelangan Tangan Dan Power Otot Lenganterhadap Hasil Pukulansmash Dalam Permainan Bulutangkis. Jurnal Multilateral, Volume 14, No. 2 Desember 2015.

Mesiyani, Putri. Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan, Power Dan Panjang Lengan Dengan Ketepatan Servis Panjang. Universitas Negeri Semarang. 2015.

Nandika, Dkk. Pengembangan Model Latihan Strokes Bulutangkis Berbasis Footwork Untuk Anak Usia Pemula (U-15). Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol.7-103. 2017.

Nasution, Dkk. Pengaruh Penilaian Proses Gerak Hasil Belajar Permainan Bulutangkis Terhadap Kompetensi Mahasiswa Prodi Pjkr Semester Ganjil 2015/2016. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 15 (1). Januari – Juni 2016.

Prawira, Dkk. Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio. Volume 7, No. 2. 2021.

Risna, R., & Iqbal, M. (2021). The Relationship of Spirituality Level with Motivation to Heal Critical Patients at Tgk Chik Hospital in Tiro Sigli. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(2), 2551-2556.

Trihadi. Pengaruh Metode Latihan Dan Power Otot Tungkai Terhadap Kelincahan Bulutangkis. Jurnal Olahraga Prestasi. Vol-12, No.1. Januari 2016.

Universitas Jabal Ghafur. (2010) Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Gle Gapui Sigli.

Wijaya Kusuma. Kecemasan, Percaya Diri Dan Motivasi Berprestasi Atlet Ukm Bulutangkis. Jurnal Penjakora. Volume 5 No 1, Edisi April 2016.

Yuliawan Dhedy. Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Kelentukan Pergelangan Tangan Dengan Ketepatan Smash Penuh Dalam Permainan Bulutangkis. Universitas Nusantara Pgri Kediri. Volume Viii, No.1, Maret 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.