MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI MONUMENT TSUNAMI KOTA SIGLI UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KESEJARAHAN SISWA SMAN 1 MUTIARA

Heri Fajri, Muhammad Zaini, Ismah Zikra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perkembangan pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMAN 1 Mutiara. (2) tingkat pemahaman pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara. (3) faktor-faktor penghambat dalam penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif Dan Jenis Penelitian ini penelitian lapangan (field study research), Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan Observasi, wawancara dan observasi, Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMAN 1 Mutiara berjalan dengan baik dan lancar serta mampu menarik minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah, serta pada proses implementasinya di kelas sarat bermuatan nilai-nilai karakter dan nilai-nilai kesejarahan. Dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mutiara ada berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran, baik yang berasal dari guru itu sendiri (faktor internal), seperti penerapan metode pembelajaran aktif dan penggunaan media dalam pembelajaran, dan berbagai faktor yang datang dari luar guru itu sendiri  (faktor eksternal) yaitu faktor dari diri siswa sendiri seperti minat dan motivasi dalam belajar sejarah, faktor tersedianya media dan sarana prasarana pembelajaran yang memadai, serta Kendala dalam penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara diantaranya  Siswa kurang aktif, Motivasi Belajar siswa rendah, Ketersediaan Sarana Prasarana dan materi tentang sejarah lokal yang masih kurang

.

Kata kunci : Media Pembelajaran Sejarah, Monument Tsunami, Nilai-Nilai Kesejarahan

References


Agung. 2013. Perencanaan pembelajaran sejarah. Yogyakarta: Ombak

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Amelia, Viona. 2014. Penerapan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Padang”. Jurnal Pendidikan Matematika / Vol.3 No.1

Atmaja, Hamdan Tri. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Dalam Jurnal Panjar. Vol. 1. No.2. Hal. 131-140.

Atno. 2011. Efektivitas Media CD Interaktif dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Dalam Indonesian Journal of History Education. Vol. 21. No. 2. Hal. 213-225.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Dellyardianzah. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Dalam Jurnal Universitas Tanjung Pura: Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 6. No. 10. Hal. 1-10.

Fitriani dkk.2016. Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah di SMA I Baso Kabupaten Agam. Dalam Bentuk Skripsi: STKIP Ahlussunnah Bukittinggi.

Elpira, Nira. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No.1.

Hardina, Yayan. 2017. Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-Peristiwa Lokal di Tasikmalaya untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirKritis. HISTORIA :Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. XV, No.1.

Hasan, S. Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung:Rizqi Press.

Hartati, U. 2016. Museum Lampung Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal HISTORIA 4 (1), fkip.ummetro.ac.id/journal/i.

Hujair AH Sanaky 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safira Insania.

Isjoni. 2007. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Iqbal, M. M. (2019). Efektifitas Program Remedial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, 1(1).

Iqbal, M., Muhammad, M., & Rahmah, N. (2022, December). MB-KM Curriculum Planning in Improving the Quality Of Graduates In Era 5.0 (Case Study at Jabal Ghafur College of Health Sciences). In Proceedings of International Conference on Education Technology and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 16-21).

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 Mata Pelajaran Sejarah SMA/SMK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Mawarti Ayu Diah.2011. Pemanfaatn Media Pembelajaran Sejarah Oleh Guru Sejarah Di Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Negeri Semarang.

Mujiyati, N & Sumiyatun. 2016. Kontruksi Pembelajaran Sejarah Melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal HISTORIA 4, (2).

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurseto, T. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Purwanto dkk. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sumargono. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran SejarahNasional Berbasis Macro Media Flash Untuk Meningkatkan Nasionalisme pada siswa Kelas XII IPS SMA Surakarta. UNS: Tesis.

Sumarno Alim 2012. Perbedaan penelitian dan pengembangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto .2014. Teori belajar dan pembelajaran disekolah dasar. Jakarta : PT Kencana.

Suyono dkk. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliantari dkk. 2014. Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Sejarah (Studi Kasus: SMP Kartika Nasional Plus Surabaya Kelas VIII Semester 1) oleh. e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 2, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.