ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DI SMA NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE

Hamdi Hamdi, Muchsin Muchsin, Nuradila Nuradila

Abstract


Siswa tidak mampu berfikir kreatif dalam menyelesaikan soal fisika karena tidak memahami konsep. Ketidakmampuan siswa berfikir kreatif karena kurangnya dorongan pengajar untuk mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan permasalahan sehingga cara penyelesaian masih kaku. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal Fisika di SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purpossive yaitu diambil kelas XI MIPA sebanyak 21 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.  Teknik analisis data menggunakan persentase dengan kriteria.  Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal fisika diperoleh hasil sebanyak  52,39% siswa termasuk kategori cukup kreatif, sebanyak 28,57% siswa termasuk kreatif, dan masing-masing 9,52% siswa kategori sangat kreatif dan kurang kreatif. Secara keseluruhan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Mila berada pada kategori cukup kreatif dengan skor 60,76% untuk menyelesaikan soal fisika pada materi Fluida Static. Rata-rata siswa memiliki aspek fluency sebesar 90%, aspek evaluation sebesar 64%, aspek originality sebesar 62%, aspek flexibility sebesar 52% dan aspek elaboration sebesar 35%.


References


Amalia, S. 2011. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Skripsi pada FM IKIP Bandung: tidak diterbitkan

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Armandita, Puspa, Eko Wijayanto, Lintang Rofiatus, Anisma Susanti dan Samanta Rumiana. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10 Nomor 2.

Budiono. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung.

Creswell, J.W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (A. Fawaid, Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djupanda, Hisdamayanti, Yusuf Kendek dan I Wayan Darmadi. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulaki Volume 3 Nomor 2: 2338-3240.

Fadilah, A.S. (2009). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Proses

Belajar Biologi di Kelas XI IPA SMA 5 Kota Jambi. SKripsi. Jambi: FKIP

Universitas Jambi.

Muktinah. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Sains Topik Melihat dengan Kaca Pembesar di TK ABA 38 Kota Semarang dengan Pendekatan Bermain Sambil Belajar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Munandar, Utami. 2013. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkamila, Andi. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Fluida Dinamis di SMA Negeri 1 Bambaira. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. FKIP. Universitas Tadulako. Palu.

Oktaviana, S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Guide Inquiry untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Saehana, Lusiana. 2013. Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif siswa pada Pembelajaran E-Learning Dengan Pembelajaran Konvensional di kelas x SMA N 2 Palu.Tesis Sarjana Pada Pendidikan Sains Palu.Tidak Diterbitkan.

Sari, Ika Mustika, Evi Sumiati, dan Parsaoran Siahaan. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA Volume 18 Nomor 1: 60-68.

Sudarma, M. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiarmi, Wike. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMAK kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Sself Confidence.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.