ANALISIS EJAAN DAN DIKSI DALAM BERITA PADA MAJALAH TEMPO EDISI MARET 2022

Nurlaili Nurlaili, Vera Wardani, Tut Chida

Abstract


Bahasa merupakan suatu alat untukmengungkapkan suatu pendapat atausebuah pernyataan yang akan disampaikankepada orang lain. Bahasa tulis digunakan untuk menghasilkan karyadengan tatanan bahasa yang sedemikianrupasehingga menghasilkan kalimat-kalimat yang menarik untuk dibaca. Salahsatu karya yang menggunakan bahasa tulis sebagai media komunikasi, yaitu majalah Tempo. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaanejaan dan diksi dalam berita pada majalah Tempo edisi Maret 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah berita pada Majalah Tempo edisi Maret 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknikbaca dan catat. Instrumen pengumpulan data menggunakan human instrument dengan menggunakan alat bantu berupa catatan. Metode analisis data digunakan metode padan dan distribusional. Hasil penelitian menunjukkan terjadi kesalahan penggunaan ejaan dan diksi dalam berita pada Majalah Tempo edisi Maret 2022. Kesalahan penggunaan diksi dominan muncul dalam Majalah Tempo edisi Maret 2022 yaitu penggunaan kata-kata :“buat, dalih, pelbagai, semestinya, merangsek, menguber, kocar kacir, digulung, menggerung-gerung, digelandang, seusai, huru hara, perut, menghalau, lawas, tak, berdalih, kerap, mengulik, onar, berlanglang, kian, kerap, kubu, bagai, maling, wara wiri, meriung, membedah, serta, bakal, ketimbang, pun, tapi, mengenyahkannya, seraya, kroni”. Penggunaan kata “tak” merupakan kesalahan yang paling banyak ditemukan pada artikel laporan utama.  Kesalahan ejaan yang ditemukan pada Majalah Tempo edisi Maret 2022 yaitu berupa kesalahan penulisan huruf kapital dan penulisan kata baku. 

 

Kata Kunci: Analisis, Ejaan, Diksi, Berita, Tempo

References


Amirzan, Muhammad, Herizal, Jafaruddin, dan Muhammad Iqbal, I. (2021). Implementing Discipline in the Covid-19 Period in Improving Student Achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178–185.

Akhadiah.2018.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. 2020. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.

Azwardi. 2018. Menulis Ilmiah: Materi Kuliah Bahasa Indonesia Umum untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Unsyiah.

Badudu, J.S. 2018. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2019. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2018. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrana Widya.

Djuraid, Husnun. 2017. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press.

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.

Hastuti, P.H. 2018. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Julianus, Hotma Simanjuntak dan Sesilia Seli. 2021. Analisis Kesalahan Ejaan, Diksi dan Kalimat Efektif dalam Penulisan Surat dinas di Kantor Desa Kiung. Jurnal online. FKIP Untan Pontianak.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdbp/article/download/40021.

Justiana. 2018. Kesalahan Berbahasa pada Majalah Mimbar Edisi Juni sampai dengan Agustus 2016. Jurnal Simki Pedagogia Vol. 2 No.3.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. Ejaan. http://www.kemdikbud. go.id.

Kosasih, E. dan Kurniawan, Endang.2019. Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama. 2016. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Keraf, Gorys. 2018. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Utama.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Iqbal, M., Muhammad, M., & Rahmah, N. (2022, December). MB-KM CURRICULUM PLANNING IN IMPROVING THE QUALITY OF GRADUATES IN ERA 5.0 (Case Study at Jabal Ghafur College of Health Sciences). In Proceedings of International Conference on Education Technology and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 16-21).

Mustakim. 2019. Membantu Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nofiandari, Yasinta. 2015. Analisis Kesalahan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. UNY. Yogyakarta.

Putrayasa, Ida Bagus. 2017. Kalimat Efektif : Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: RefikaAditama.

Rahardi, Kunjana. 2019. Penyuntingan Bahasa Indonesia untuk Karang Mengarang. Jakarta: Erlangga.

Romli, Asep Syamsul. 2014. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media. Online. Bandung. : Nuansa Cendikia.

Rumanti, A.M. 2017. Dasar-Dasar Public Relation: Teori dan Praktek. Jakarta: Grasindo.

Samsuri. 2015. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 2016. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Wacana University Press.

Sumadiria, A.H. 2016. Bahasa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suryaningsi, D. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Susilo, Eko Madyo dan Bambang Triyanto. 2015. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.

Syahraini, E., Atmazaki. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Vol.2 No.2.

Yanti, Asma, R. Hanum dan S.S.W. Lubis. 2016. Analisis Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam Tulisan Artikel di Media Sosial. Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.