Peningkatan Kemampuan Reflektif Matematis Melalui Model Pembelajaran Improve

Husnul Zafirah, Junaidi Junaidi, Fona Fitry Burais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan reflektif matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari peningkatan  kemampuan reflektif matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada kelas X SMAN 1 Geumpang tahun ajaran 2022/2023  yang berjumlah 100 siswa. Sedangkan sampelnya adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis pada materi Sistem Persamaan Linear  Tiga Variabel. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Data dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata N - Gain score peningkatan  kemampuan reflektif matematis siswa kelas eksperimen adalah 74,44 dan kelas kontrol adalah 68,07 maka terdapat peningkatan kemampuan reflektif matematis siswa myang diajarkan dengan model Pembelajaran IMPROVE lebih tinggi dari pada dengan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan IMPROVE dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah  untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

References


Bansu Irianto Ansari, Taufiq. (2020). Pengembangan Dan Hambatan Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Melalui Metode Improve. 7 (2).

Ihfan Purnama Suhaji, Soffil Widadah, Dewi Sukriyah. (2020). Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Zeta ? Math Journal, 5 (1), 8-15.

Khamilla Andina Sari, Herman Lusa, Syahril Yusuf. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (10), 99-106.

Yola Ariestyan, Sunardi, Dian Kurniati. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal matematika Materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel. Kadikma,7(1), hal. 94-104.

Zaiyar, M. (2020). Pengaruh Metode Improve Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4 (1), 7-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.