PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstrak
ABSTRAK
Pembelajaran sosial dan emosional dilatar belakangi dari keyakinan bahwa siswa tidaklah cukup hanya mengembangkan kemampuan akademisnya saja. Rendahnya motivasi belajar siswa akibat kurangnya pelaksanaan pembelajaran sosial emosional yang diaksanakan dalam pembelajaran di kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran sosial-emosional dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMAN 1 Simpang Tiga, sementara sampel penelitian ini adalah kelas X5 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t independent dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran sosial emosional dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh signifikansi uji-t adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima bahwa penerapan pendekatan pembelajaran sosial emosional lebih baik dari pada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Sosial Emosional, Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Erman, Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT BumiAksara.
Ika, C., Harimukhti, M. T., Kusma, O.D., Yo, R., Sari, T. S., (2020). Praktik Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Ricky, A., Neviyarni, S., Irdamurni., (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di sekolah Dasar. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1314.
Rusyanti, Hetti. 2014. Pengertian Pembelajaran Matematika. https://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran matematika.htmlhttps://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran matematika.html.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Susanto, A., & Wibowo. 2021. Pengaruh Program pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2),120-135. https://doi.org/10.1234/jppk.2021.7.2.120135
Wasty, Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.