ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR SISWA SMA
Abstrak
Proses pembelajaran saat ini mengharuskan guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa berperan aktif dalam memperoleh pengetahuannya, sehingga membutuhkan dukungan bahan ajar yang menarik dan inovatif yang dapat mengantarkan siswa kepada informasi pembelajaran yang ingin dipelajarinya, salah satunya ialah bahan ajar dalam pembelajaran. Dengan menggunakan Pendekatan saintifik yang merupakan pendekatan terencana agar siswa dapat berpartisipasi aktif, serta dapat membangun karakter siswa, dan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan bahan ajar interaktif berbasis scientific approach pada materi Limit Fungsi Aljabar efektif terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, koesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soal tes yang diberikan kepada siswa yang hasilnya telah dibandingkan dengan nilai ujian siswa sebelumnya berada pada kategori cukup efektif dengan perolehan skor 68%, dan hasil dari koesioner siswa juga menunjukkan respon yang baik dari siswa, dengan Tingkat skor yang diperoleh berada pada kategori tinggi dengan interval 69-84%. Dan dari hasil wawancara siswa juga memberikan respon yang cukup baik. Dari ketiga tahap tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar interaktif cukup efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Scientific approach, Bahan ajar interaktif, Limit Fungsi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.
Poerwati, Loeloek Endah dan Amir, Sofan. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta.
Prihadi, B. (2014). Penerapan Langkah-Langkah dengan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.
Wahab, (2016). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.