PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 DI SMA NEGERI 2 MUTIARA

Tasya Munira, Rahmi Agustina, Ervina Dewi

Abstrak


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbahan dasar barang bekas sistem pencernaan pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 Di SMAN 2 Mutiara. Pembelajaran Di SMAN 2 Mutiara masih berpusat kepada guru, dalam penyampainyan materi pembelajaran guru masih menggunakan kenversional dan belum mengadakan metode media pembelajaran apapun yang lebih tepat atau menarik bagi siswa. Khusus pada materi sistem pencernaan pada manusia akan lebih baik menggunakan media pembelajaran berbahan dasar barang bekas. Penelitian ini menggunakan ( queasy eksperiment ) dengan metode one-group pretest-postest perlakuan tes awal ( pretest) dan tes akhir (postest). Populasi dan sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi yaitu siswa kelas X1 MIPA dengan jumlah 25 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melelui tes hasil belajar yang diberi perlakuan pretest dan postest. Analisis data penelitian menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian menunjunkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifiakan dari penggunaan media pembelajaran berbahan dasar barang bekas sistem pencernaan pada manusia terhadap hasil belajar siswa kelas X1 Di SMA N 2 Mutiara. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 290,7 lebih besar dari t table 1,67 pada taraf signifikan 5%.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Barang Bekas, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Suliyati, Mujasam,Yusuf dkk. 2018. Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lestari Wahyu, Pratama Loviga Denny, dkk. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mijayanti. 2019. Pemanfaatan Media Barang Bekas dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III MI Datok Sulaiman bagian Putra Kota Palopo. program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sari Liza N, Bintang Putri. 2022. Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia Berdasarkan Alqur`An Dan Hadits. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Vol 3 No 3.

Fachrurrazi Achmad. 2010. Pemanfaatan Dan Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran. Jurnal buana pendidikan.

Joko M.2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.

Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia. Vol 2 no 1.

Hardianto Deni. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Nurrita Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pascasarjana Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta.

Rusman, Arif Maftukhin, Nurhidayati. 2012. Pemanfaatan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo: No 1 . Vol 1.

Harjianto Harjianto, Rohmatul Fitria Febyanti, Yuli Kartika Efendi. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adi Wiyata Di SMK Negeri Kalibaru Sebagai Upaya Dalam Mendukung Gerakan Banyuwangi Merdeka Dari Plastik. Universitas PGRI Banyuwangi. Vol 21, No 3.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Sari Liza N, Bintang Putri. 2022. Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia Berdasarkan Alqur`An Dan Hadits. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Vol 3 No 3.

Nurrita Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pascasarjana Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta.

Purwanti, 2020. Buku Sistem Pencernaan Manusia Kelas Xi Sma. https://online.flipbuilder.com/mazdx/bwgv/files/basic-html/page8.html

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Joko M.2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.

Dewi Ervina, Agustina Rahmi, l Mardhiah Ainal, dkk. 2023. Pendampingan pembuatan media belajar biologi berbahan dasar barang bekas di sman i mila kabupaten pidie. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas KIP, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia. Vol 2 no 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.