PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN 1 Pidie

Vitra Silviza, Safrijal Safrijal, Makawiyah Makawiyah

Abstrak


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi ada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa kelas X/1 untuk kelas eksperimen dan 28 siswa kelas X/7 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes yang berjumlah 30 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media poster yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran bioologi materi ekosistem. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan media poster pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 80. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media poster pada kelas kontrol mendapatkan mean x= 61. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 6,5 dan ttabel = 1,67 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 6,5 > 1,67 ).
Kata Kunci: Media Poster, Hasil Belajar, konsep ekosistem.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achdiyat, M. & Utomo,R. (2018). Kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Puataka.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran Biologi SMA Kelas X. Kemendikbud. Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta:

Ciputat Pers.

Fitrah. 2017. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Belajar dan Pembelajaran. 3(2):333.

Hermawan,H. 2007. Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press.

Huda. 2020. Modul Pembelajaran Biologi SMA Kelas X. Kemendikbud.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Penggunaan angka pada hasil tes tertentu dimaksudkan untuk mengetahui daya serap siswa setelah menerima materi pelajaran. Jurnal Biota, 2(1), 82–91.

Istiqlal. 2018. Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. 15, 3(1).

Joni Purwono, dkk. 2014. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 2,7(2).

Jurn Ricardo & Meilani.2017. Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa 9, 2021 (2).

Khotimah. 2019. “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Pemanfaatan Media Poster pada Pembelajaran Membatik Siswa Kelas I SMK Ma’arif 2 Sleman”, 1:1h. 1.

Krisdianti, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud.

Mahnun. 2012. Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1, (1): 49-64.

Maknun djohar (ed.) 2017. Ekologi. cirebon.

Mansur, dkk. 2018. meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran index card match pada pelajaran ipa terpadu. 2, 5(1).

Megawati. Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. dalam Getsempena English Education Journal (GEEJ). vol. IV

Puspita. 2017. Pengaruh Penggunaan Media pelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Riadi. 2019. Kelebihan dan Kekurangan Media Poster.:2.

Riadi. 2019. Pengaruh media poster terhadap hasil belajar kosa kata bahasa inggris IS (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok)

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rusnawati. 2020. Komponen-Komponen dalam Operasional Pendidikan. 15, 12 (2):23.

Saiful, M. (2023). The application of the relationship between the ability to study kinematics concepts and problem solving with learning achievement in physics learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 62-70.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing discipline in the COVID-19 period in improving student achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Rahmi, M., Saminan, S., Syukri, M., Yusrizal, Y., Khaldun, I., Artika, W., & Huda, I. (2022). Development of a Virtual Lab in Science-Physics Learning Based on the STEM Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2351-2355.

Syukri, M., Rahmi, M., Saminan, S., Artika, W., & Subramaniam, T. S. (2022). Virtual Lab Based on STEM Approach: Is It Effective to Enhance Students Concept of Temperature and Heat?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 11(2), 151-164.

Mustika, D., Hasby, H., & Azmi, U. (2022). The Need Analysis of Basic Chemistry Practicum Based on Computation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2043-2050.

Muchsin, M., & Hamdi, H. (2021). Analysis of Student's Creativity Value and Process Skills through Learning Strategies Guided Inquiry. Jurnal Serambi Ilmu, 22(1), 98-109.

Muchsin, M., & Mariati, M. (2020). Application of Project Based Learning Models in Improving Creative Thinking of Students at Physics Lessons in SMA Bandar Baru. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1453-1458.

Muchsin, M., & Khumaedi, K. (2017). Analisis keterampilan mahasiswa calon guru dalam menjelaskan konsep menggunakan analogi pada pembelajaran Fisika. Physics Communication, 1(1), 23-33.

Hamdi, M., & Saiful, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kinematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Multimodal Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Real Riset, 4(2), 296-308.

Agustina, R., Dewi, E., & Mardhiah, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemeliharaan Mikroskop di SMAN I Mila Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Al Ghafur: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-27.

Agustina, R. (2011). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset, 1(2), 1-6.

Rustamaji. 2021. Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Rantai Makanan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 59 (2021).

Sadiman. 2008. Pengembangan Webtoon untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi). 25 juni 2018.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Design Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri Widayati, dkk. Biologi SMA Kelas X. Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: cv budi

Sudjana & Ahmad Rivai. 2010.

Penggunaan Poster Sebagai Media

Komunikasi Kesehatan .

Sudjana, N & Rivai, A. 1992. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif). Bandung:

Sujana & Rivai. 2013. Dasar Rancangan Media E-Poster Berbasis Website.

Suparman, dkk. 2020. Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. (2):250- 256.

Sutawijaya, dkk. 2020. Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jakarta, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Teguh Triwiyanto. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Vol. 2 No. 1 Th. Jan-Des 2017 ISSN: 2527-7553 225 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Wulandari, Rahma fitria. 2021. Efektifitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. 7(1): 33-45.

Zaenal Arifin, M. Si. Modul PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Biologi SMA Kelompok Kompetensi A. Bab Ekosistem


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.